Jangan cuma sabun cuci piring, ini trik atasi tanaman cabai yang daunnya keriting pakai 1 jenis daun

Jangan cuma sabun cuci piring, ini trik atasi tanaman cabai yang daunnya keriting pakai 1 jenis daun
foto: TikTok/@pandafarm_indonesia

Brilio.net - Berkebun di pekarangan rumah bisa jadi kegiatan mengasyikkan, apalagi kalau tanaman di kebun bisa dipetik dan dijadikan bahan makanan sehari-hari. Ada banyak jenis tanaman yang mudah ditanam di pekarangan rumah, yakni aneka sayuran hijau, tomat, timun, terong, daun bawang, cabai, dan lain sebagainya.

Cabai tampaknya jadi tanaman favorit banyak orang. Pasalnya, tak sedikit orang-orang yang doyan makan makanan pedas. Belum lagi, harga cabai di pasaran terkadang begitu tinggi, sehingga menanamnya sendiri bisa jadi solusi untuk menghemat keuangan. Meski begitu, masih banyak yang gagal merawat tanaman cabai dan pohonnya berujung mati.

Salah satu penyebab kerusakan tanaman cabai yaitu hama. Hama bisa menyerang batang, buah, sampai daun pohon cabai. Hal ini juga kerap dialami oleh warganet di akun TikTok @pandafarm_indonesia. Ia mengaku daun tanaman cabainya sempat keriting. Kalau kondisi ini dibiarkan, bisa-bisa tanaman cabai sulit berbuah atau bahkan mati, lho.

Biasanya, orang-orang memanfaatkan sabun cuci piring untuk disemprotkan ke daun pohon cabai yang keriting. Namun pria di akun TikTok @pandafarm_indonesia mengatakan, ia punya bahan lain yang bikin proses membasmi hama penyebab keriting daun jadi lebih efektif. Penasaran gimana triknya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya