Jarang diketahui, begini bentuk isi kelapa kopyor asli

Jarang diketahui, begini bentuk isi kelapa kopyor asli
foto: TikTok/@pabpikasso

Brilio.net - Kelapa sering diolah jadi minuman, baik buat pengobatan sejumlah penyakit maupun sekadar pelepas dahaga. Baik air dan daging buah, keduanya sama-sama sehat. Dilansir dari healthline.com, buah satu ini kaya karbohidrat, antioksidan, antibakteri, zat besi, zink, magnesium, dan lain sebagainya.

Selain kelapa biasa, buah ini juga punya varian lainnya, yakni macapuno atau biasa dikenal dengan nama kopyor. Dilansir dari pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, pohon buah ini tumbuh liar di sejumlah wilayah di Asia Tenggara, terutama Indonesia dan Filipina. Selain kopyor, sejumlah masyarakat di Indonesia juga menyebut buah ini dengan nama garoh.

Buah kelapa kopyor ini diketahui lebih langka dan sulit dibudidayakan dibanding kelapa biasa, sehingga harganya juga cenderung lebih mahal. Usut punya usut, kelapa kopyor ini lahir karena mengalami kelainan atau mutasi genetik secara alami, sehingga menghasilkan tekstur daging buah lebih lunak, bukan keras seperti kelapa biasa. Lantaran sulit ditemukan, kelapa kopyor pun alhasil sering dibuat versi tiruannya menggunakan campuran kelapa biasa dan agar-agar.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya