Kinclong dalam 30 detik, ini trik bersihkan debu kipas angin tanpa dibongkar cuma pakai 3 bahan dapur

Kinclong dalam 30 detik, ini trik bersihkan debu kipas angin tanpa dibongkar cuma pakai 3 bahan dapur
TikTok/@okayama.store

Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari, debu menjadi masalah yang umum terjadi dan sering muncul di rumah. Salah satu tempat yang sering menjadi sarang debu adalah kipas angin. Debu yang menumpuk pada kipas angin tidak hanya membuatnya terlihat kotor, tetapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi penghuni rumah.

Ketika kipas angin dihidupkan, debu yang terbang dapat tersebar ke udara dan masuk ke saluran pernapasan, menyebabkan iritasi atau alergi. Selain jadi masalah kesehatan, debu yang menumpuk pada kipas angin juga dapat mengganggu kinerja alat pendingin ini. Saat debu menempel pada bilah kipas, dapat mengakibatkan kipas bekerja lebih berat dan tidak efisien. Hal ini tidak hanya dapat meningkatkan konsumsi energi, tetapi juga memperpendek umur pakai kipas angin.

Untuk mengatasi masalah debu pada kipas angin, kamu memang perlu membersihkannya secara berkala. Salah satu cara yang paling sering digunakan adalah dengan membongkar tutup jaring dan baling-baling kipas angin. Kemudian setiap komponen ini bersihkan secara terpisah dengan air dan sabun.

Walau bisa efektif membuat debunya hilang, namun metode ini kerap dianggap merepotkan bagi beberapa orang. Pasalnya, tidak semua kipas angin bisa dibongkar-pasang dengan mudah. Beberapa di antaranya bahkan harus dilepas menggunakan obeng dan alat-alat khusus.

Namun kipas angin yang digunakan terus menerus harus tetap dibersihkan. Alih-alih membongkarnya, kamu bisa langsung membersihkan kipas angin, lho. Ada seorang pengguna TikTok yang pernah membagikan trik praktis membersihkan debu kipas tanpa perlu dibongkar.

Melalui akun TikTok @okayama.store, warganet tersebut mengaku hanya menggunakan bahan-bahan sederhanauntuk membersihkan debu kipas angin. Bahan ini bisa didapat dengan mudah di dapur, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya