Kue Kipo, jajanan legendaris khas Kotagede Jogja yang sudah langka

Kue Kipo, jajanan legendaris khas Kotagede Jogja yang sudah langka
foto: Magang/Ricka Milla Suatin

Brilio.net - Makanan tradisional merupakan bagian dari warisan budaya masyarakat Indonesia. Keberadaannya memberikan kekhasan tersendiri bagi suatu daerah dan dapat menjadi daya tarik di bidang kuliner. Setiap daerah memiliki makanan khas nya masing-masing, tidak terkecuali Kotagede, Yogyakarta. Kotagede memiliki makanan khas yang biasa disebut sebagai kue Kipo.

Ukuran dan bentuknya kecil, sehingga dapat dimakan hanya dengan sekali gigit. Ada filosofi tersendiri mengapa kue ini ukurannya kecil, itu karena ketika kamu memakan makanan dalam bentuk yang besar, maka akan mudah kenyang dan puas.

Namun, jika kamu menyantap makanan dalam bentuk yang kecil, biasanya tidak akan kenyang dan merasa puas, sehingga rasa ingin makan masih terus ada. Istilahnya adalah ketagihan.

Kipo merupakan makanan dengan kulit berwarna hijau dan beraroma pandan serta isiannya yang manis oleh enten-enten. Kipo kurang lebih mirip dengan klepon, namun ada banyak perbedaan antar keduanya.

Kipo dapat ditemui di Jalan Mondorakan nomor 27 Kotagede Yogyakarta, atau yang banyak dikenal sebagai Kipo "Bu Djito". Kipo tersebut diketahui sebagai Kipo pertama asli Kotagede, karena keluarga Bu Djito merupakan perintis pembuatan makanan tradisional ini.

Meskipun Bu Djito sudah meninggal, tetapi nama "Bu Djito" tetap melekat sebagai nama bentuk penghargaan atas dedikasinya dalam melestarikan Kipo sebagai makanan tradisional dari Kotagede. Kini, usaha Kipo "Bu Djito" dilanjutkan oleh putrinya, Istri Rahayu.

Magang: Ricka Milla Suatin

(brl/lea)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya