Manfaat kombucha dan pengakuan para penekun bisnis minuman teh "berjamur" itu

Manfaat kombucha dan pengakuan para penekun bisnis minuman teh "berjamur" itu
Khasiat kombucha |

Punya enam rasa, terdiri dari campuran berbagai jenis buah dan rempah.

Pria berperawakan tinggi tersebut menjelaskan bahwa usaha yang dirintisnya ini semakin membesar dengan seiringnya waktu. Sampai saat ini, BONS Fabriek sendiri bisa memproduksi sekitar 1.000-2.000 liter kombucha setiap bulannya.

Meski begitu, Bonang nggak bosan untuk selalu riset dan mencoba resep kombucha yang baru. Nggak heran, sampai saat ini, BONS Fabriek sudah memiliki 6 varian rasa. Mulai dari summer pink yang merupakan perpaduan buah naga dan nanas, kawista pride atau rasa buah kawista, purple herbs yang merupakan campuran bunga telang dan daun mint, soursop delight atau rasa buah sirsak, miss strawberry atau rasa buah stroberi, dan terakhir, ginger sparkling atau rasa jahe.

“Alasan kenapa 6, karena sejauh ini alhamdulillah semuanya kita udah dapat BPOM. Semuanya ini basednya pakai teh hitam,” ungkapnya.

Manfaat kombucha dan pengakuan para penekun bisnis minuman teh "berjamur" itu

foto: brilio.net/nadhifah

Bonang Setoaji juga memamerkan ruang produksi kombuchanya. Ruangan di sudut rumah berukuran sekitar 5x6 meter itu ternyata menyimpan berbagai peralatan membuat kombucha. Lebih dari 10 buah toples kaca berukuran besar menyimpan kombucha yang sedang difermentasi.

“Ini gelembung-gelembung putih di atas teh ini nunjukkin scoby-nya hidup dan bernafas,” ucap Bonang yang mengenakan baju steril lengkap dengan masker dan hair cap.

Manfaat kombucha dan pengakuan para penekun bisnis minuman teh "berjamur" itu

foto: brilio.net/nadhifah

Dibanderol dengan harga murah, ternyata ada segudang manfaat di baliknya.

Dengan rentang waktu 7-12 hari, kombucha siap untuk “dipanen” dan dikemas dalam botol-botol berbahan stainless steel. BONS Fabriek memasarkan produknya secara online maupun memasok ke kafe-kafe dan swalayan yang menjual bahan makanan organik. Dengan harga Rp25.000 saja, kamu bisa mengantongi kombucha berukuran 240 ml dengan berbagai pilihan rasa yang menggiurkan. Nggak cuma enak, Bonang juga menyebut bahwa fermentasi teh ini mengandung probiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

“Kalau sistem pencernaan udah lancar, tubuh juga jadi sehat dan bebas dari penyakit,” terangnya. Bonang juga menyebutkan produknya mengandung sejumlah nutrisi lainnya, seperti vitamin B, C, hingga antioksidan.

Hal serupa juga disampaikan oleh Icung, pemilik kombucha dengan merek Mimi Basi. Ia mengamini bahwa minuman fermentasi satu ini nggak cuma enak diminum, tapi juga punya segudang manfaat.

“Kombucha itu kan punya zat aktifnya, ya, si antioksidan ini. Nah, antioksidan kan semua tahu kalau bisa mencegah radikal bebas. Kalau radikal bebas bisa dicegah, berarti bisa memperpanjang pertumbuhan sel, otomatis bisa mencegah penuaan dini,” ungkapnya saat dihubungi Brilio, Selasa (24/10).

Nggak cuma sebagai antioksidan yang baik, Icung juga menjelaskan bahwa ada kandungan probiotik di dalam kombucha. Kandungan ini hidup di dalam usus halus dan berfungsi untuk mencegah patogen masuk.

“Kalau patogen berhasil dicegah, kita bisa lebih sehat karena asupan makanan yang dimakan bisa terserap dengan sempurna,” jelasnya lebih lanjut.

Manfaat kombucha dan pengakuan para penekun bisnis minuman teh "berjamur" itu

foto: Instagram/@mimi.basi

Meski padat nutrisi, kombucha tetap nggak boleh dikonsumsi berlebihan. Hal ini disampaikan oleh Zahra H Krisnadi, S.Tr.Gz, RD, lulusan pendidikan profesi dietisien Poltekkes Kemenkes Jogja.

“Kombucha boleh diminum 1-2 porsi atau sekitar 240 ml setiap harinya. Tinggal pilih kombucha yang kalorinya <50 kkal supaya asupan kalori hariannya terkendali,” ungkapnya.

Karena melalui proses fermentasi, kombucha juga mengandung alkohol dan kafein. Karena dua kandungan inilah, membuat kombucha tidak dianjurkan untuk diminum oleh ibu hamil maupun yang sedang menyusui.

Namun, kombucha sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Mengingat nutrisi di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Asal dikonsumsi dengan porsi yang tepat, kandungan di dalam kombucha ampuh untuk membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

“Kombucha itu sumber probiotik, yang memberi usus kita bakteri sehat. Bakteri ini bisa meningkatkan banyak aspek kesehatan, termasuk pencernaan, peradangan, dan bisa juga penurunan berat badan,” ungkap Zahra.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya