Modal 2 bahan dapur, begini cara mudah bersihkan tungku burner kompor tanam yang berkerak

Modal 2 bahan dapur, begini cara mudah bersihkan tungku burner kompor tanam yang berkerak
foto: YouTube/Daisy channel

Brilio.net - Jika sering menggunakan kompor, kamu tentu harus tahu cara merawatnya agar bisa dipakai dalam waktu lama. Perawatan ini juga meliputi pembersihan kompor secara menyeluruh. Namun beda jenis kompor, bisa berbeda pula cara membersihkannya.

Misalnya saja untuk jenis kompor gas. Ada kompor gas jenis dua tungku dan ada juga kompor gas tanam. Kompor gas dua tungku cenderung lebih mudah dibersihkan karena beberapa komponennya bisa dilepas begitu saja. Namun berbeda dengan kompor gas tanam yang beberapa komponennya permanen dan lebih sulit saat hendak dibersihkan.

Padahal seperti kompor pada umumnya, kompor tanam juga rentan kotor seiring dengan tingginya intensitas pemakaian. Salah satu bagian yang paling mudah kotor adalah tungku burnernya. Berbeda dengan tungku burner kompor gas biasa, kompor tanam punya tungku burner yang berbentuk seperti piringan lebar yang terbuat dari besi atau stainless.

Bagian ini seringkali menampung sisa minyak atau makanan dari proses memasak. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran tersebut bisa mengeras dan berubah jadi kerak. Perlu tenaga ekstra untuk membersihkan kerak tersebut karena telanjur menempel kuat.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya