Modal Rp5.000, ini cara praktis hilangkan kerak di teko plastik pakai satu bahan

Modal Rp5.000, ini cara praktis hilangkan kerak di teko plastik pakai satu bahan
foto: YouTube/BINTANG CRAFTS

Brilio.net - Salah satu peralatan dapur yang wajib ada di setiap rumah adalah teko. Berfungsi sebagai wadah penyimpanan air, teko terbuat dari beragam jenis bahan. Ada alumunium, perak, seng, tanah liat, porselen, kaca, sampai plastik.

Dari banyaknya jenis bahan yang dijual di pasaran, teko plastiklah yang jadi pilihan banyak orang. Walaupun dibanderol dengan harga murah, teko plastik tetap awet saat digunakan, kok.

Meski begitu, penggunaan teko plastik juga ada kekurangannya. Jika sering digunakan, lama-kelamaan teko plastik akan dipenuhi noda berwarna cokelat. Usut punya usut, hal ini bisa terjadi apabila teko plastik kerap digunakan untuk menyimpan teh.

Dilansir dari theguardian.com, noda cokelat tersebut bisa berasal dari tanin (asam tanat) yang terdapat dalam teh. Tanin inilah yang juga memberi warna cokelat pada teh ketika diseduh.

Apabila didiamkan begitu saja, lama-kelamaan noda cokelat akan menumpuk dan menjadi kerak. Alhasil semakin sulit untuk dihilangkan. Meski tidak memengaruhi air di dalamnya, kerak tersebut membuat tampilan teko menjadi tampak kotor, kan?

Jika kamu mengalami hal serupa, jangan khawatir terlebih dahulu. Kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh pengguna YouTube BINTANG CRAFTS.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya