Nggak banyak yang tahu, ini trik bikin es batu cepat beku

Nggak banyak yang tahu, ini trik bikin es batu cepat beku
Beda Satu Jam Lebih Cepat~ |

Dikutip BrilioFood dari TikTok/@goldilocks.bears.x pada Kamis (27/10), caranya dengan mengganti air yang digunakan untuk membuat es batu. Jika biasanya es batu dibuat pakai air suhu ruang biasa, biar lebih cepat, lebih baik gunakan air panas. Usut punya usut, kalau pakai air panas, es batu hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk benar-benar beku.

Nggak banyak yang tahu, ini trik bikin es batu cepat beku

foto: TikTok/@goldilocks.bears.x

Dilansir dari livescience.com, fenomena air panas lebih cepat beku ini dikenal dengan istilah efek Mpemba. Air panas bisa lebih cepat beku saat diletakkan di kulkas karena massa di dalam air panas berkurang saat terjadi penguapan. Hal ini pun otomatis membutuhkan lebih sedikit waktu dalam proses membekukan air panas.

Tetapi penelitian juga menunjukkan, trik ini pun tak selalu berhasil, lho. Trik ini hanya bisa dilakukan jika air panas dibekukan menggunakan wadah terbuka. Sehingga, jika air panas dibekukan di wadah tertutup, hasilnya bisa jadi air panas lebih lama beku dibanding pakai air suhu biasa.

Nggak banyak yang tahu, ini trik bikin es batu cepat beku

foto: TikTok/@goldilocks.bears.x

Sama seperti di unggahan TikTok/@goldilocks.bears.x, wanita ini menggunakan kotak es batu yang terbuka, makanya trik ini berhasil dilakukan.

Usai diunggah pada Juli lalu, video mengenai es batu ini sudah ditonton ratusan ribu kali, lho. Selain itu, beberapa warganet juga menambahkan informasi lainnya seputar es batu di kolom komentar.

"how does that work is there less oxygen maby (kenapa bisa mungkin dikarenakan oksigen di air panas lebih sedikit)," ujar TikTok/@mathewhughes169.

"Use boiled water and they are cristalclear (Pakai air mendidih dan es batu jadi bening)," imbuh TikTok/@Lidy Krüpers ter Maa.

@goldilocks.bears.x #hacks #hack #ice #icehack #lifehack #kitchenhack #kitchenhacks original sound - Low Low

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya