Nggak boleh asal, ini trik memilih dan menggoreng tomat untuk sambal matang

Nggak boleh asal, ini trik memilih dan menggoreng tomat untuk sambal matang
Kualitas tomat sangat berpengaruh akan cita rasa sambal matang. |

Selain itu, sambal matang juga mudah basi sehingga tidak bisa dijadikan stok di rumah. Untuk meminimalisir hal tersebut, pastikan bahan-bahan untuk membuat sambal, terutama tomat yang dipilih berkualitas. Pasalnya, kualitas tomat sangat berpengaruh akan cita rasa sambal matang. Untuk memilih tomat yang baik, kamu perlu mengetahui ciri-cirinya.

Trik memilih tomat untuk sambal matang tersebut dibagikan channel YouTube/CAK PARMIN. Melalui salah satu video yang diunggahnya, pengguna YouTube tersebut menunjukkan ciri-ciri tomat berkualita. Tak hanya itu, ia juga menunjukkan trik menggoreng tomat sebelum diulek jadi sambal. Menurutnya, tomat yang digoreng asal-asalan, bisa berpengaruh pada rasa sambal.

“Karena tomat yang kurang baik dan menggorengnya kurang tepat bisa mengurangi kelezatan dari sambal,” ujarnya dilansir BrilioFood pada Kamis (15/12).

Nggak boleh asal, ini trik memilih dan menggoreng tomat untuk sambal matang

foto: YouTube/CAK PARMIN

Cara memilih tomat yang benar pun sebenarnya sangat mudah. Tanpa perlu memotongnya terlebih dahulu, kamu bisa menilainya dari tampilan luarnya saja. Pilihlah tomat yang memiliki warna kulit merah merata dari ujung atas hingga bawah kulitnya. Selain memiliki cita rasa yang enak, tomat ini juga mudah dihaluskan.

Nggak boleh asal, ini trik memilih dan menggoreng tomat untuk sambal matang

foto: YouTube/CAK PARMIN

Dalam video tersebut, pisahkan tomat-tomat yang cocok untuk dijadikan sambal dengan ciri-ciri warnanya merah merata. Apabila sudah, kamu bisa berikan sayatan di bagian ujung atasnya tanpa sampai terbelah. Hal ini bertujuan untuk membuat tomat matang secara merata dan memudahkanmu saat menguleknya nanti.

Nggak boleh asal, ini trik memilih dan menggoreng tomat untuk sambal matang

foto: YouTube/CAK PARMIN

Langsung goreng tomat ke dalam wajan berisi minyak panas dengan api sedang. Jangan lupa, sesekali aduk tomat agar matangnya merata. Pastikan kamu menggoreng tomat dengan tingkat kematangan yang pas. Jangan terlalu matang karena bisa membuat tekstur sambal menjadi sangat kental dan berwarna merah kehitaman. Sebaliknya, apabila tomat kurang matang, sambal malah terasa asam, warnanya kurang merah dan mudah basi.

Oleh karena itu, jika dirasa tomat sudah matang, matikan kompor. Diamkan terlebih dahulu tomat di dalam wajan. Apabila minyak goreng sudah dingin, barulah angkat tomat dengan saringan. Dengan begitu, kamu bisa langsung campurkan tomat tersebut dengan bahan sambal lainnya, seperti cabai dan bawang putih.

Video milik YouTube/CAK PARMIN ini sontak menuai perhatian warganet. Selain ditonton hingga hampir tujuh ribu kali, video ini pun disukai oleh ratusan akun YouTube lainnya. Selain itu, menilik kolom komentarnya pun dipenuhi oleh berbagai tanggapan.

Tips cara memilih Tomat dan cara menggoreng nya utk sambal . Terimakasih mas , sharing nya sangat bermanfaat. Tomat yg warna Merah sdh sy ambil. Ingat balikin ya hehe,” tulis akun YouTube/Dapur Minami.

Ilmu yang bermanfaat nih,” ujar akun YouTube/Rim.

Okeeeeeee.... Uda.. Tau... Saya akan mencobanya... Segeraaaaaa,” sahut akun YouTube/Dani Syahputra.

Wow super cak bikin geleng2 ni,” tulis akun YouTube/Hasan Santo.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya