5 Cara bikin kaldu jamur bubuk homemade, bebas MSG dan awet hingga 1 tahun

5 Cara bikin kaldu jamur bubuk homemade, bebas MSG dan awet hingga 1 tahun
TikTok/@psnovi

Brilio.net - Masak sendiri di rumah bisa jadi jalan ninja buat menghemat pengeluaran. Di samping itu, dengan masak sendiri, bisa pula mendukung pola hidup sehat karena kamu bisa atur jenis bahan yang dipakai agar masakan lebih berkualitas. Nah, saat masak, tak hanya bahan utama yang penting untuk diperhatikan, tetapi juga penggunaan bumbunya.

Pakai aneka ragam bumbu saat masak bisa membantu hidangan jauh lebih lezat. Buat anak misalnya, masakan yang gurih dan tidak hambar bisa bikin anak lahap makan. Tetapi, sebaiknya kurangi penggunaan bumbu mengandung MSG agar tetap sehat, terutama pada anak-anak. Umumnya, kebanyakan orang memilih kaldu jamursebagai bumbu penyedap masakan, tak hanya untuk anak, tapi juga buat orang dewasa.

Namun, masih banyak kaldu jamur yang dijual di pasaran mengandung bahan-bahan yang tak diinginkan seperti MSG, lho. Salah satu solusinya agar tetap bisa mengonsumsi kaldu jamur organik yakni dengan membuatnya sendiri. Dilansir dari ommushrooms.com, menambahkan kaldu jamur bubuk buatan sendiri ke masakan bisa bermanfaat untuk kesehatan mental dan tubuh jadi lebih meningkat.

Nah, salah seorang warganet punya resep kaldu jamur bubuk ini, nih. Ia membuatnya hanya dengan satu bahan saja, yakni jamur shiitake. Cara membuatnya juga cukup mudah, bahkan dipercaya awet disimpan hingga satu tahun. Dilansir dari webmd.com, jamur shiitake ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengatasi inflamasi, meningkatkan imunitas, dan lainnya.

"Kalau kamu sehari-harinya sering pakai kaldu jamur, nah ini salah satu resep bikin kaldu jamur sendiri di rumah," ujar Novi.

Intip bagaimana cara membuat kaldu jamur ini, yuk. Dilansir BrilioFood dari TikTok/@psnovi pada Rabu (14/12).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya