Nggak cuma garam, ini trik rebus daun kenikir agar empuk dan tak menghitam cuma tambah 1 bahan dapur

Nggak cuma garam, ini trik rebus daun kenikir agar empuk dan tak menghitam cuma tambah 1 bahan dapur
foto: YouTube/Dapur Ndeso Umi Muna

Brilio.net - Sudah jadi rahasia umum jika sayuran hijau punya kandungan serat tinggi. Nggak cuma itu, ada vitamin, mineral, serta antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Nah, salah satu sayuran hijau yang bisa dikonsumsi adalah daun kenikir.

Biasanya, daun kenikir dikonsumsi sebagai lalapan. Namun, daun kenikir juga bisa diolah jadi berbagai hidangan, lho. Seperti tumisan, lotek, oseng, bothok, gulai, dan masih banyak lagi.

Sebelum diolah jadi berbagai macam hidangan, daun kenikir biasanya direbus terlebih dahulu. Selain mengurangi rasa pahit, proses perebusan ini dilakukan untuk membuat daun kenikir empuk.

Meski terlihat mudah, proses perebusan daun kenikir harus dilakukan dengan cara tepat. Jika asal, tekstur kenikir tetap keras saat diolah. Namun, jika direbus terlalu lama, warna daun kenikir akan berubah berwarna hitam atau gelap. Hal ini pastinya membuat olahan daun kenikir nggak menarik saat disajikan.

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, sejumlah orang sengaja menambahkan garam ke dalam air rebusan daun kenikir. Dilansir dari thespruce.com, penambahan garam bisa membuat air rebusan mendidih pada suhu yang tinggi. Oleh karena itu, daun kenikir bisa cepat empuk dan matang meski direbus dalam waktu sebentar. Alhasil, warnanya pun tetap hijau segar.

Nah, agar hasilnya lebih maksimal, kamu juga bisa menambahkan satu bahan dapur lainnya. Seperti apa yang dilakukan oleh pengguna YouTube Dapur Ndeso Umi Muna. Di salah satu unggahan videonya, ia juga menggunakan baking soda saat merebus daun kenikir. Lantas bagaimana cara pengaplikasiannya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya