Pakai 1 bumbu dapur, trik basmi hama di pohon jeruk nipis ini ampuh tanpa sabun cuci piring

Pakai 1 bumbu dapur, trik basmi hama di pohon jeruk nipis ini ampuh tanpa sabun cuci piring
TikTok/@pandafarm_indonesia

Brilio.net - Banyak orang melakukan budidaya pohon jeruk nipis di halaman rumah. Bukan tanpa sebab, pohon jeruk nipis bisa tumbuh dengan subur di lahan sempit. Bahkan di dalam pot, pohon jeruk nipis dapat tumbuh dan berbuah lebat, lho.

Namun budidaya pohon jeruk nipis tentu bukan hanya tentang menanam dan merawat tanaman dengan benar. Adanya risiko hama dan penyakit yang menyerang tanaman jeruk nipis juga perlu diperhatikan. Biasanya hama yang berasal dari serangga dan jamur paling sering menyerang sekaligus membuat pohon jeruk nipis jadi tidak produktif.

Masalah pohon jeruk nipis yang terkena hama ini memang kerap dialami banyak orang, salah satunya adalah pengguna TikTok @pandafarm_indonesia. Melalui salah satu video yang diunggah, dia menampilkan kondisi sebagian tanaman yang mulai kering. Bahkan beberapa buahnya juga tampak hitam dan mulai membusuk.

"Tanaman rusak seperti ini? Pasti penyebabnya diserang oleh hama," ujar TikTok @pandafarm_indonesia, dikutip BrilioFood pada Selasa (9/1).

Pakai 1 bumbu dapur, trik basmi hama di pohon jeruk nipis ini ampuh tanpa sabun cuci piring

foto: TikTok/@pandafarm_indonesia

Pada dasarnya, ada banyak jenis hama yang menyebabkan daun kering dan buah busuk. Salah satu yang tampak dalam video tersebut adalah semut dan kutu putih. Selain kedua hama tadi, jamur Phyrophthoranicontanae juga menjadi penyebab daun berwarna kuning dan berakhir kering.

Banyak orang mengandalkan pestisida kimia dalam membasmi hama. Namun ada juga yang memilih memakai bahan sederhana di rumah, seperti sabun cuci piring. Biasanya sabun ini akan dicampur dengan bahan lain seperti cabai atau bawang putih untuk membasmi hama.

Namun berbeda dengan warganet TikTok @pandafarm_indonesia. Saat mendapati pohon jeruk nipis miliknya terserang hama, warganet TikTok @pandafarm_indonesia tidak tinggal diam. Dia sontak melakukan langkah untuk mengatasi hal tersebut. Hama ini dibasmi bukan dengan pestisida kimia atau sabun cuci piring, lho, melainkan bumbu dapur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya