Pakai 3 bahan dapur, ini cara praktis menjernihkan minyak jelantah agar dapat digunakan lagi

Pakai 3 bahan dapur, ini cara praktis menjernihkan minyak jelantah agar dapat digunakan lagi
YouTube/CREATIF COMBO

Brilio.net - Minyak goreng menjadi berfungsi untuk perantara menggoreng atau mematangkan sebuah makanan. Biasanya yang membutuhkan minyak adalah tumisan, oseng-oseng, gorengan, hingga memanggang.

Setelah digunakan untuk memasak, tampilan minyak goreng pun menjadi keruh. Terutama jika digunakan untuk menggoreng aneka jenis protein seperti ayam maupun ikan. Nggak sedikit orang lantas membuang minyak bekas atau yang disebut jelantah tersebut.

Padahal, selama kualitasnya masih bagus, minyak jelantah masih bisa digunakan, lho. Dilansir dari yankes.kemkes.go.id, minyak goreng sebaiknya digunakan secara berulang sebanyak 3 kali. Selebihnya, perubahan viskositas dalam minyak goreng malah akan memicu kolesterol dalam tubuh.

Saat akan menggunakan jelantah, lebih baik kamu menjernihkan terlebih dahulu. Dengan begitu, masakan yang digoreng pun tidak akan terkontaminasi dengan kotoran yang ada dalam minyak jelantah.

Nggak cukup hanya disaring dengan saringan saja, kamu harus mengolah minyak jelantah terlebih dahulu. Kalau belum tahu caranya, kamu bisa mengamati apa yang dilakukan oleh pengguna YouTube CREATIF COMBO.

Di salah satu videonya, warganet satu ini menujukkan tutorial cara praktis menjernihkan minyak jelantah. Cukup siapkan 3 bahan dapur untuk mempraktikkan cara ini.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya