Pakai dua bahan, ini trik menghilangkan kerak kunyit membandel di panci

Pakai dua bahan, ini trik menghilangkan kerak kunyit membandel di panci
YouTube/Kania TuBe CHANNEL

Brilio.net - Kunyit digunakan untuk bumbu masak. Rempah ini tak hanya memperkaya cita rasa masakan, namun juga warna hidangan jadi lebih cantik. Kunyit menghasilkan warna kuning yang khas, baik pada makanan ataupun minuman.

Sayangnya warna kuning tersebut juga bisa menempel di berbagai alat dapur yang digunakan. Misalnya saat merebus kunyit untuk jamu, warna kuningnya bisa menempel di permukaan panci. Semakin lama dibiarkan, noda kuning ini bisa mengerak di panci dan sangat sulit dibersihkan, lho.

Panci yang terkena kerak kunyit jadi kurang layak dipakai untuk merebus bahan makanan lain. Bukan tanpa alasan, sisa noda dan kerak bisa mengelupas sedikit demi sedikit dan mengontaminasi bahan makanan yang direbus. Oleh karena itu, kerak kunyitnya perlu dibersihkan terlebih dahulu.

Beruntungnya, seorang pengguna YouTube bernama Kania TuBe CHANNEL pernah membagikan trik ampuh menghilangkan kerak kunyit tersebut. Dalam salah satu video yang diunggah, mulanya dia mengaku kesulitan membersihkan noda kunyit. Namun pada akhirnya, dia punya trik tersendiri.

Pakai dua bahan, ini trik menghilangkan kerak kunyit membandel di panci

foto: YouTube/Kania TuBe CHANNEL

"Sebetulnya panci ini masih bagus, tapi habis saya pakai buat bikin jamu kunyit asam. Jadi ini noda sisanya kunyit sulit dibersihkan, walaupun saya sudah menggosoknya dengan sikat," terang YouTube Kania TuBe CHANNEL, dikutip BrilioFood pada Minggu (30/4).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya