Sukses turunkan bobot 10 kg, ini 9 menu Ria Ricis selama diet

16 / 01 / 2022 11:32 WIB Annathiqotul Laduniyah
Sukses turunkan bobot 10 kg, ini 9 menu Ria Ricis selama diet
foto: Instagram/@riaricis1795

Brilio.net - Diet tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan, namun juga menjaga tubuh lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Hal ini yang menjadi salah satu landasan Ria Ricis memulai dietnya pada 2020 lalu.

Saat ditanya tentang perubahan tubuhnya di channel YouTube Sule Channel, Ricis mengaku mulai menurunkan berat badan untuk membuat tubuhnya lebih sehat. Adik kandung Oki Setiana Dewi ini pun memilih rajin olahraga dan menjaga pola makannya selama diet.

"Karena aku pengen hidup lebih sehat. Karena sebelum aku diet, aku sebulan sekali ada kali sakit maag, sakit lambung kambuh, ini-itu, dan lain-lain. Terus badannya agak, aduh, mager mau gerak, gitu," ucapnya.

Dengan menjalani pola hidup dan pola makan yang baik, Ria Ricis kemudian bisa menurunkan berat badannya hingga 10 kg dalam waktu 3 bulan. Dia juga jadi tidak mudah sakit. Bahkan penyakit maag kronis yang sempat dideritanya sudah tidak kambuh lagi.

Usaha ini tentu tidak mudah. Istri Teuku Ryan ini rela mengambil cuti demi terus berolahraga dan mengubah pola hidupnya lebih sehat. Selain berolahraga, usaha Ria Ricis saat diet juga didukung dengan konsumsi menu makanan tertentu.

Mau tahu apa saja yang biasa dikonsumsi Ria Ricis selama diet? Berikut sembilan menu makan Ria Ricis selama diet, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Minggu (16/1).

1. Buah naga.

menu Ria Ricis selama diet berbagai sumber

foto: unsplash.com

Di antara berbagai macam buah, Ria Ricis memilih buah naga sebagai salah satu menu yang biasa dikonsumsi selama diet. Hal ini karena Ria Ricis cenderung menghindari buah yang memiliki rasa manis dan kandungan gula tinggi.

"Aku buahnya cuma buah naga itu sebelum tidur (dikonsumsi), pupnya jadi lancar," ujar Ria Ricis dilansir dari YouTube SULE Channel.

Buah naga sendiri memang memiliki rasa yang cukup hambar dengan kandungan tinggi air. Di sisi lain, buah naga juga memiliki nutrisi yang mampu membuat tubuh merasa kenyang sehingga membantu penurunan berat badan.

2. Air kelapa muda.

menu Ria Ricis selama diet berbagai sumber

foto: Instagram/@riaricis1795

Untuk konsumsi minuman sehari-hari, Ricis juga minum air kelapa muda setiap bangun tidur untuk melancarkan pencernaannya. Sudah menjadi pengetahuan umum, air kelapa muda memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, termasuk pada penurunan berat badan.

Air kelapa muda memiliki rasa manis alami, namun mengandung kalori yang rendah. Oleh karena itu, air kelapa bisa menjadi pengganti minuman manis yang lebih sehat. Seperti dilansir dari medicalnewstoday.com, air kelapa bisa meningkatkan hidrasi tubuh, hal ini kemudian dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Jagung kukus.

menu Ria Ricis selama diet berbagai sumber

foto: unsplash.com

Memilih membatasi nasi, Ria Ricis kemudian menggantinya dengan konsumsi jagung kukus sebagai pengganti asupan karbohidratnya. Dilansir dari healthline.com, jagung kaya akan nilai gizi dan nutrisi yang bisa menjadi bagian dari menu diet sehat.

"Nasi seminggu sekali, selebihnya jagung kukus. Karbonya diganti jagung," tutur Ricis.

4. Susu.

menu Ria Ricis selama diet berbagai sumber

foto: unsplash.com

Ria Ricis juga rutin mengonsumsi susu. Dia biasa mengonsumsi susu rendah lemak untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari styecraze.com, susu adalah sumber kalsium yang menjadi faktor pendorong metabolisme lemak dan membuatnya lebih berkurang.

5. Sesekali konsumsi telur.

menu Ria Ricis selama diet berbagai sumber

foto: unsplash.com

Untuk salah satu asupan protein, Ria Ricis mengonsumsi telur selama diet. Namun Ria Ricis hanya mengonsumsi putih telur, karena memiliki kalori dan lemak lebih rendah dibandingkan dengan kuning telurnya. Seperti dilansir dari eatingwell.com, konsumsi putih telur adalah cara yang baik untuk mengisi asupan protein sembari menjaga kalori tetap terkendali.

6. Sayur.

menu Ria Ricis selama diet berbagai sumber

foto: Instagram/@riaricis1795

Sayur menjadi menu penting dalam program diet yang dijalani Ria Ricis. Hampir semua jenis sayuran memiliki nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Ria Ricis biasa mengonsumsi sayuran dengan cara dikukus atau direbus tanpa garam dan penyedap atau bumbu apapun.

7. Perbanyak air putih.

menu Ria Ricis selama diet berbagai sumber

foto: unsplash.com

Air putih seakan sudah menjadi salah satu kunci utama dalam proses menurunkan berat badan. Ketika menjalani diet, Ria Ricis juga mulai memperbanyak konsumsi air putih setiap hari.

"Air putih dilebihin," ujar Ria Ricis dalam YouTube SULE Channel.

Baik untuk pencernaan, air putih juga bisa mencegah obesitas. Dalam sebuah penelitian tentang obesitas yang dilansir dari livestrong.com, mengungkapkan bahwa orang-orang yang minum air lebih banyak bisa kehilangan lebih banyak berat badannya.

8. Ikan.

menu Ria Ricis selama diet berbagai sumber

foto: unsplash.com

Ria Ricis juga mengonsumsi ikan sebagai sumber protein lainnya. Ricis memilih ikan salmon yang dimasak dengan olive oil. Salmon dikenal sebagai salah satu sumber makanan yang baik untuk diet.

Dilansir dari healthyeating.sfgate.com, asam lemak dalam salmon dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Ikan salmon juga menjadi makanan berprotein tinggi yang bisa menjauhkan rasa lapar.

9. Wortel kukus.

menu Ria Ricis selama diet berbagai sumber

foto: Instagram/@riaricis1795

Wortel menjadi pilihan menu diet Ria Ricis yang juga membantu penurunan berat badannya hingga 10 kg. Wortel sendiri dikenal sebagai sayuran yang tepat untuk dikonsumsi dalam proses penurunan berat badan.

Dilansir dari fitday.com, wortel mengandung banyak air yang penting untuk membantu tubuh merasa kenyang. Selain itu, kandungan serat yang melimpah dalam wortel juga bagus bagi proses penurunan berat badan secara sehat.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Ayam Budu Budu

  • Kue Sus

    Kue Sus

  • Bistik Selat Solo

    Bistik Selat Solo

  • Ayam Saus Inggris

    Ayam Saus Inggris

Review

Selengkapnya