Tak perlu air panas, ini trik cuci lap dapur berminyak dan bau apek agar lebih bersih kesat

Tak perlu air panas, ini trik cuci lap dapur berminyak dan bau apek agar lebih bersih kesat
foto: YouTube/CookEasyAndDelicious

Brilio.net - Serbet atau lap dapur sudah menjadi barang yang wajib ada di dapur. Jenis kain berbentuk persegi panjang ini biasanya digunakan untuk menyeka berbagai macam kotoran. Mulai dari noda minyak, tumpahan air, hingga sisa masakan yang mengotori sudut dapur.

Pada umumnya, lap dapur memiliki daya serap yang tinggi. Oleh sebab itu, kain ini selalu bisa diandalkan untuk membersihkan berbagai macam noda. Saat dilap menggunakan kain serbet ini, kotoran akan mudah terserap dan permukaan dapur pun jadi lebih bersih.

Namun seiring penggunaan, lap dapur ini bisa jadi kotor karena mengandung terlalu banyak noda. Nah, noda ini nggak cuma bikin lap dapur kumal, namun baunya juga cenderung apek. Hal ini lantas diperparah dengan banyaknya noda minyak yang menempel.

Noda minyak di lap dapur juga membuatnya susah dibersihkan. Sekalipun dicuci dengan detergen, lap dapur biasanya masih terasa licin. Hal ini disebabkan karena banyaknya noda minyak yang terserap ke bagian dalam lap dapur.

Memang pada dasarnya, butuh bahan dan metode khusus untuk mencuci lap dapur. Karena nggak mempan dengan detergen, sebagian orang biasanya menggunakan air panas untuk merendam lap. Bahkan ada juga yang kemudian merebusnya dalam panci, bersama dengan sabun atau detergen.

Padahal tahu nggak, sih? Ada bahan sederhana yang sangat ampuh untuk mengangkat noda minyak di lap dapur ini. Bahan tersebut pernah digunakan oleh seorang pengguna YouTube CookEasyAndDelicious. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan yang ada di dapur.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya