Tanpa sitrun atau sabun, begini cara bersihkan corong burner kompor yang hitam pakai 2 bahan dapur

Tanpa sitrun atau sabun, begini cara bersihkan corong burner kompor yang hitam pakai 2 bahan dapur
foto: YouTube/Evy Bellia

Brilio.net - Salah satu cara memperpanjang masa guna kompor adalah dengan rutin membersihkannya. Kompor yang bersih tentu membuat seluruh komponen bisa bekerja maksimal. Mulai dari pengaliran gas hingga pemantik api yang akan dikeluarkan dari burner kompor.

Memang idealnya, kompor harus selalu dibersihkan secara rutin. Namun hingga kini, sebagian besar orang biasanya hanya membersihkan kompor di bagian permukaannya saja. Padahal komponen yang berada di bagian dalam kompor juga perlu dibersihkan karena rentan kotor.

Dalam hal ini, corong burner menjadi salah satu komponen kompor yang kerap diabaikan. Padahal bagian ini paling rentan kotor karena terletak di bagian bawah bodi kompor. Corong ini berbentuk lonjong dan berfungsi seperti cerobong yang menyalurkan gas ke bagian burnernya. Selain itu, corong juga berguna sebagai tungku atau dudukan burnernya.

Lantas karena bentuknya yang mirip cerobong, bagian ini berpotensi menyimpan banyak sekali kotoran. Mulai dari debu, noda masakan, atau bahkan minyak bisa menempel di corong tersebut. Biasanya bagian corong yang dekat dengan burner kompor juga kerap berubah hitam karena banyaknya noda yang gosong dan terkena paparan api.

Nah, kondisi corong burner yang kotor sebenarnya juga bisa memengaruhi kualitas api yang dihasilkan, lho. Alih-alih berwarna biru, api yang dihasilkan bisa jadi berwarna kuning, merah, atau bahkan hijau. Nah, api seperti ini biasanya memiliki suhu yang tidak terlalu panas, yang pada akhirnya akan memengaruhi durasi memasak.

Supaya terhindar dari masalah tersebut, kamu tentu harus segera membersihkan corong burner ini. Karena noda hitamnya sangat membandel, maka sabun cuci piring saja nggak mempan untuk menghilangkan noda tersebut. Sebagian orang lantas menggunakan bahan khusus, seperti sitrun.

Namun jika kesulitan mendapatkan sitrun, kamu bisa menggunakan bahan lain seperti yang dilakukan pengguna YouTube Evy Bellia. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan sederhana yang ada di dapur. Nah, bahan ini juga cenderung mudah didapat dan bahkan bisa dibeli di toko kelontong terdekat.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya