Bukan pakai sitrun, begini cara membersihkan burner kompor gas berkerak hitam jadi baru lagi

Bukan pakai sitrun, begini cara membersihkan burner kompor gas berkerak hitam jadi baru lagi
YouTube/Mama Ikha Channel

Brilio.net - Burner kompor berbentuk seperti piringan bulat, media keluarnya api ketika kompor dinyalakan. Nggak heran jika di seluruh permukaannya terdapat rongga-rongga kecil agar bisa menghantarkan panas api secara merata.

Karena sering terpapar api, burner bisa berubah warna, lho. Yup, yang semula berwarna kuning kecokelatan lama-kelamaan berubah jadi hitam pekat. Bahkan tak jarang, karat pun akan muncul menutupi rongga-rongga kecil di permukaan burner kompor.

Kalau dibiarkan begitu saja, tentu hal tersebut akan memengaruhi kualitas api kompor yang dikeluarkan. Oleh karena itu, burner kompor harus rutin dibersihkan.

Sejumlah orang sengaja mencuci burner kompor yang telanjur berkarat dengan larutan sitrun. Dilansir dari www.thespruce.com, kandungan asam dalam sitrun dapat mengangkat seluruh noda membandel, termasuk karat di burner kompor. Dengan begitu, burner kompor jadi bersih seperti baru kembali.

Meski begitu, nggak semua orang cocok memakai larutan sitrun. Karena sitrun memiliki efek samping seperti membuat kulit terasa gatal kemerahan hingga perih. Bahkan saat tak sengaja terhirup, sitrun dapat menyebabkan batuk hingga sakit tenggorokan, lho.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa membersihkan burner kompor dengan bahan lain. Cara ini sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube Mama Ikha Channel. Di unggahan videonya, tampak ia mengganti sitrun dengan dua bahan lain.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya