Bukan pakai cuka dan baking soda, begini cara ampuh bersihkan kompor berkarat dan penuh noda membandel

Bukan pakai cuka dan baking soda, begini cara ampuh bersihkan kompor berkarat dan penuh noda membandel
TikTok/@buronanemakk

Brilio.net - Kompor termasuk salah satu perabot dapur yang dipakai hampir tiah hari. Perapian satu ini bisa mendukung berbagai macam kebutuhan rumah tangga, khususnya memasak. Untuk mematangkan berbagai macam bahan makanan, tentu dibutuhkan api dari kompor tersebut.

Namun tingginya intensitas penggunaan kompor membuatnya rentan sekali kotor. Bisa terkena sisa makanan, minyak, atau tumpahan kuah dari masakan bisa mengenai permukaan kompor. Jika tidak segera dibersihkan, biasanya noda tersebut akan menempel dan berkerak, lho.

Tak hanya kerak, noda pada kompor juga dapat menyebabkan kompor berkarat, lho. Hal ini sangat mungkin terjadi jika kompor diletakkan di area yang lembap. Nah, kompilasi noda, air, dan udara lembap akan menyebabkan kompor jadi berkarat.

Kondisi kompor yang penuh noda seperti itu tentu jadi kurang nyaman dipandang. Oleh sebab itu, kompor harus selalu dibersihkan secara rutin. Idealnya, kompor perlu dibersihkan setiap selesai digunakan. Kamu bisa menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan kompor ini.

Namun jika sudah telanjur berkarat dan penuh noda membandel, perlu bahan lain supaya nodanya bisa terangkat. Biasanya, sebagian orang akan mencampur sabun dengan bahan khusus, seperti cuka dan baking soda. Perpaduan bahan-bahan ini dipercaya bisa ampuh mengangkat noda membandel sekalipun.

Tapi selain dengan dua bahan tersebut, sebenarnya ada bahan lain yang lebih ampuh, lho. Seorang pengguna TikTok @buronanemakk pernah membeberkannya melalui salah satu video yang diunggah. Di video tersebut, dia mengaku hendak membersihkan kompor lama yang benar-benar kotor dan penuh karat.

"Ini kompor berbahan alumunium, jadi gampang kotor. Kalau ketumpahan bahan makanan sedikit, susah dibersihkan," ungkap TikTok @buronanemakk, dikutip BrilioFood pada Selasa (12/12).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya