Tak perlu cairan khusus, begini cara bersihkan kompor lama yang dekil dan berminyak pakai 2 bahan

Tak perlu cairan khusus, begini cara bersihkan kompor lama yang dekil dan berminyak pakai 2 bahan
foto: TikTok/@daily.elya

Brilio.net - Dewasa ini, sebagian besar orang sudah beralih dari tungku kayu ke kompor untuk memasak. Kompor merupakan mesin perapian untuk memasak yang menggunakan gas atau listrik sebagai bahan bakarnya. Selain lebih canggih, kompor juga cenderung mudah digunakan.

Namun apapun jenisnya, kompor termasuk perabot yang memerlukan perawatan secara berkala. Hal ini termasuk dengan pembersihan yang dilakukan secara rutin. Bukan tanpa sebab, kompor menjadi perabot dapur yang mudah sekali kotor karena terkena noda masakan atau minyak. Tampilannya bisa dekil dan penuh noda.

Kondisi kompor yang dekil seperti ini kerap ditemukan pada kompor lama yang jarang digunakan. Ketika ditelantarkan begitu saja, kompor yang sebelumnya penuh noda masakan, jadi semakin kotor karena debu. Kompilasi noda-noda tersebut nantinya bisa membuat pengguna jadi nggak nyaman memakainya.

Jika nodanya sudah parah, sebagian besar orang biasanya akan memberikan kompor tersebut dengan cairan khusus. Kini banyak toko atau swalayan yang menjual cairan pembersih kompor tersebut. Namun sebenarnya kompor yang dekil dan berminyak sekalipun bisa dibersihkan dengan bahan sederhana yang ada di rumah, lho.

Seorang pengguna TikTok @daily.elya pernah membagikan cara mudah membersihkan kompor lama yang dekil. Melalui unggahannya berdurasi 39 detik, dia mengaku tidak memakai cairan khusus untuk membersihkan kompor lama miliknya. Padahal tampilan kompor tersebut sudah sangat kotor, bahkan penuh debu dan jamur.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya