Tanpa sitrun dan baking soda, ini cara bersihkan tungku kompor gas yang berminyak dan berkerak

Tanpa sitrun dan baking soda, ini cara bersihkan tungku kompor gas yang berminyak dan berkerak
YouTube/syare nomel

Brilio.net - Tungku merupakan salah satu komponen penting yang ada pada kompor gas ataupun kompor tanam. Tungku berfungsi sebagai penyangga atau tatakan panci dan wajan. Selain itu, tungku kompor juga membantu memberikan jarak agar bagian bawah panci tidak langsung terpapar api.

Namun dilihat dari posisinya, tungku kompor ini kerap terpapar api kompor secara langsung. Selain itu, karena berada di bagian bawah, tungku kompor juga sering terpapar noda dari sisa masakan atau minyak. Padahal jika noda tersebut terkena api kompor, akan sangat mungkin nodanya berubah jadi keras dan berkerak.

Di sisi lain, noda dari cipratan minyak juga memperparah hal tersebut. Biasanya noda minyak akan membuat kerak jadi semakin susah dibersihkan. Nggak cuma itu itu, kerak yang berminyak tersebut lantas membuat tungku kompor jadi licin.

Demi menghindari hal tersebut, tentu membersihkan kompor secara rutin menjadi kunci penting. Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa bagian tungku ini masih kerap luput dari jangkaun. Hal tersebut lantas membuat tungku kompor justru semakin kotor dan berkerak.

Jika sudah telanjur berkerak dan berminyak, kamu perlu membersihkannya dengan bahan khusus. Nah, sejumlah orang biasanya menggunakan sitrun atau bahkan baking soda. Kedua bahan ini lantas dilarutkan air lalu dipakai untuk merendam tungku kompor. Usut punya usut, sitrun dan baking soda dipercaya bisa merontokkan noda kerak dan minyak pada tungku kompor.

Namun selain itu, sebenarnya ada bahan lain yang nggak kalah ampuh dalam merontokkan kerak tungku kompor, lho. Seorang pengguna YouTube syare nomel pernah membagikan tutorial sederhananya melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku hanya menggunakan bahan sederhana yang ada di dapur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya