Ampuh pakai 3 bahan dapur, begini cara basmi karat dan kerak di tungku kompor gas

Ampuh pakai 3 bahan dapur, begini cara basmi karat dan kerak di tungku kompor gas
foto: YouTube/IDE TUBE

Brilio.net - Kompor yang sering dipakai untuk memasak tentu sangat rentan kotor. Noda seperti minyak, kuah masakan, atau bahkan bumbu dapur kerap mengenai permukaan kompor. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan bahwa kompor harus dibersihkan secara rutin, terutama setelah memasak.

Namun biasanya, bagian yang sering dibersihkan adalah bodinya saja. Sejumlah komponen lain, seperti tungku kompor kerap luput dari perhatian pemakainya. Padahal tungku termasuk komponen kompor yang paling mudah kotor karena noda yang jatuh ke area tersebut kerap terkena api.

Ketika noda dari minyak atau masakan terkena api kompor, noda tersebut biasanya akan gosong. Semakin lama dibiarkan, noda gosongnya bisa berubah menjadi kerak yang mengeras. Tak hanya itu, noda-noda ini juga dapat membuat tungku jadi berkarat ketika kompor dipakai memasak terus menerus.

Padahal kondisi kompor yang berkarat dan berkerak tentu memiliki dampak tersendiri. Biasanya api kompor yang keluar dari burner jadi nggak panas maksimal. Selain itu, tungku kompor yang kotor tentu membuatnya tidak nyaman menggunakannya.

Dengan kompor Tecstar, kamu tentu akan lebih aman karena bahan tungku terbuat dari bahan kuningan asli sehingga anti-karat dan tak mudah korosi. Berbabagi tipe dari kompor Tecstar bisa kamu beli di e-commerce. Cek harga terbaiknya di bawah ini.

Oleh sebab itu, tungku kompor harus dibersihkan berkala. Namun jika kondisi sudah telanjur kotor, berkerak, dan penuh karat, kamu perlu sebuah cara untuk untuk membasmi noda tersebut. Karena pada dasarnya, sabun cuci piring dan sikat saja tidak bisa mengangkat noda-noda yang telanjur membandel.

Beruntungnya, seorang pengguna YouTube IDE TUBE pernah membagikan tutorial sederhana dalam membersihkan tungku kompor yang berkerak dan berkarat. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak hanya menggunakan sabun. Namun dia juga mengandalkan bahan yang ada di dapur untuk membersihkan tungku kompor miliknya.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya