Tak perlu citric acid atau air panas, ini cara membersihkan kerak tungku kompor gas

Tak perlu citric acid atau air panas, ini cara membersihkan kerak tungku kompor gas
foto: YouTube/BISNIS IBU RUMAH TANGGA

Brilio.net - Tungku pada kompor gas pada umumnya berfungsi sebagai penopang panci atau wajan. Sekalipun cukup kuat dan kokoh, namun tungku kompor gas ini justru jadi bagian kompor yang paling rentan kotor. Biasanya, kotoran iniberasal dari percikan sisa makanan atau minyak dari proses memasak.

Sebagian orang tampaknya memang kerap abai dengan kebersihan tungku kompor, sehingga tungku kompor gas dibiarkan begitu saja. Padahal jika semakin lama dibiarkan, kotoran pada tungku kompor bisa berubah jadi kerak. Jika sudah begitu, tentu akan sulit sekali membersihkannya.

Lantas perlu cara khusus untuk membasmi kerak tersebut. Salah satunya dengan cara merendam tungku kompor. Proses ini memang diketahui dapat membuat kerak jadi lebih lunak, sehingga mudah disikat nantinya. Namun proses perendaman ini juga bisa berlangsung cukup lama. Terlebih jika kerak sudah sangat keras dan banyak.

Di samping itu, ada pula cara lain untuk membersihkan kerak membandel pada tungku kompor, misalnya dengan menyikatnya sambil membalurkan citric acid (sitrun) ataupun air panas. Kedua bahan ini dikenal efektif untuk membantu mengangkat kerak membandel pada tungku kompor.

Tak hanya itu saja, kamu tahu nggak sih? Sebenarnya ada cara lain yang tak kalah efektif dilakukan untuk membersihkan kerak di tungku kompor tanpa perlu merendam, menggunakan sitrun, ataupun menuangkan air panas, lho. Cara ini pernah dibagikan oleh seorang pengguna YouTube bernama BISNIS IBU RUMAH TANGGA.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya