Bukan pakai cuka, begini cara bersihkan kompor tanam agar kembali kinclong dengan 1 bahan dapur

Bukan pakai cuka, begini cara bersihkan kompor tanam agar kembali kinclong dengan 1 bahan dapur
TikTok/@juraganabyan

Brilio.net - Kompor menjadi alat dapur yang hampir digunakan setiap hari. Agar awet, kompor harus dirawat dengan baik. Salah satu perawatannya yang paling mudah adalah membersihkan kompor secara menyeluruh.

Selain tungku, ada pula kompor gas tanam. Karena desainnya lebih minimalis, kompor tanam sering jadi pilihan banyak orang. Namun karena sering dipakai, kompor tanam juga rentan terkena noda. Tak terkecuali noda minyak yang sulit sekali dihilangkan.

Saat dibersihkan dengan cara dilap, noda minyak malah membuat permukaan kompor tanam jadi licin. Jika dibiarkan begitu saja, tampilan kompor tanam akan semakin kotor dan kusam.

Untuk membersihkan kompor, sejumlah orang pun sengaja menggunakan berbagai cairan pembersih khusus hingga bahan dapur, seperti cuka. Dilansir dari www.nationalsciencefoundation.com, kandungan asam asetat pada cuka dianggap ampuh untuk mengangkat noda membandel.

Oleh karena itu, tinggal semprotkan larutan cuka ke seluruh permukaan kompor. Sekali usap pakai lap, permukaan kompor tanam jadi kinclong kembali.

Meski dapat membuat kompor tanam jadi bersih, nggak semua orang tahan dengan aroma cuka yang kuat. Bukan tanpa alasan, asam asetat yang tinggi pada cuka memang memiliki aroma menyengat khas.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengganti cuka dengan bahan dapur lain saat membersihkan kompor tanam. Sama halnya yang dilakukan oleh pengguna TikTok @juraganabyan. Di unggahan videonya, ia menunjukkan penampakan kompor tanamnya sehabis dipakai untuk goreng ayam.

“Ini kompor aku terasa minyakan, jadi kerasa kotor banget gitu, lho,” ungkapnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @juraganabyan pada Minggu (12/11).

Bukan pakai cuka, begini cara bersihkan kompor tanam agar kembali kinclong dengan 1 bahan dapur

foto: TikTok/@juraganabyan

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya