Tak perlu diberi garam, ini trik simpan tahu tanpa kulkas agar tak asam hingga 2 minggu

Tak perlu diberi garam, ini trik simpan tahu tanpa kulkas agar tak asam hingga 2 minggu
foto: YouTube/Endang Mengge

Brilio.net - Tahu identik dengan tekstur yang lembut serta harganya yang terjangkau. Makanan yang berasal dari kedelai ini juga mudah diolah menjadi berbagai macam masakan. Mulai dari sekadar digoreng biasa, dimasak tumis, dimasak kuah, hingga olahan lezat lainnya.

Biasanya olahan tahu ini dijadikan sebagai menu lauk atau pendamping makan berat. Namun bahan makanan satu ini juga bisa diolah menjadi aneka camilan, lho. Kamu pun bisa memasaknya dengan metode yang lebih sehat agar nutrisi pada tahu semakin terjaga.

Banyaknya menu yang terbuat dari tahu membuat sebagian besar orang biasanya akan membeli bahan makanan ini sebagai stok bahan makanan. Sayangnya, tahu termasuk makanan yang mudah sekali basi. Dalam 1-2 hari saja, tahu bisa terasa asam dan berlendir, lho.

Untuk mencegah hal tersebut, biasanya sejumlah orang memiliki trik tersendiri untuk menyimpan tahu. Salah satunya adalah dengan merendam tahu dalam air garam. Usut punya usut, garam dinilai dapat dijadikan sebagai pengawet alami agar tahu tidak mudah asam dan berlendir.

Namun perlu diketahui bahwa tahu yang disimpan dengan cara ini biasanya hanya bertahan maksimal 3 hari. Jika ingin lebih lama, kamu bisa meniru metode yang dilakukan pengguna YouTube Endang Mengge. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku trik menyimpan tahu yang diterapkan bisa membuat bahan makanan tersebut awet hingga 2 minggu. Dan nilai plusnya lagi, teknik ini bisa dilakukan tanpa kulkas, lho. Yup! Kamu dapat tetap mengawetkan tahu meski di suhu ruang saja.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya