Bukan di freezer, ini cara menyimpan jeruk nipis agar tak kering dan menguning hingga 1 bulan

Bukan di freezer, ini cara menyimpan jeruk nipis agar tak kering dan menguning hingga 1 bulan
Instagram/@intanwisari

Brilio.net - Jeruk nipis termasuk salah satu bahan masakan yang rasanya masam dan aromanya segar. Bahan satu ini dapat menghilangkan bau amis pada makanan seperti ayam atau ikan hingga memberikan efek segar pada suatu hidangan atau sambal. Selain makanan, jeruk nipis juga bisa ditambahkan ke dalam aneka minuman segar, lho.

Pada dasarnya, jeruk nipis bisa dengan mudah ditemukan dan dibeli di berbagai tempat, baik di pasar tradisional, toko kelontong, hingga supermarket. Selain beli, tidak sedikit juga masyarakat yang memilih menanam pohon jeruk nipis sendiri agar buahnya bisa dipanen.

Namun saat panen dan jumlahnya melimpah, banyak orang kemudian kebingungan menyimpan stok jeruk nipis ini. Pasalnya jeruk nipis termasuk buah yang mudah sekali busuk atau bahkan kering. Sekalipun disimpan dalam kulkas, jeruk nipis ini biasanya bisa cepat kering dalam waktu kurang dari 1 minggu.

Nah, untuk memperpanjangan masa simpannya, sejumlah orang biasanya akan meletakkan jeruk nipis di freezer. Saat membeku, jeruk nipis bisa lebih awet dan digunakan dalam waktu lama. Namun efek sampingnya, jeruk nipis yang beku akan mudah lembek sesaat setelah teksturnya melunak.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @intanwisari. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bisa menyimpan jeruk nipis ini hingga 1 bulan lamanya, lho. Namun bukan ditaruh freezer, ada trik khusus agar jeruk nipis tidak mudah kering atau menguning dalam kulkas.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya