Tak perlu bolak-balik ganti air, ini cara simpan tahu agar tak basi dan berlendir hingga 2 minggu

Tak perlu bolak-balik ganti air, ini cara simpan tahu agar tak basi dan berlendir hingga 2 minggu
foto: TikTok/@annepermata

Brilio.net - Tahu menjadi salah satu bahan makanan yang kerap diandalkan untuk menu makan sehari-hari. Makanan berbahan dasar kedelai ini cenderung mudah didapat dan harganya pun terjangkau. Nggak cuma itu, tahu juga bisa jadi pilihan menu makan yang sehat untuk dikonsumsi.

Dibuat dengan bahan dasar kedelai, tahu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dilansir dari heart.org, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, 1/2 cangkir tahu padat menawarkan 21,8 gram protein dengan 181 kalori dan 11 gram lemak. Sebagian besar lemak tersebut berasal dari jenis lemak tak jenuh ganda yang sehat. Nggak heran jika kemudian sejumlah orang mengonsumsi tahu secara rutin.

Jika rutin mengonsumsi tahu, pasti kamu akan menyimpannya dalam jumlah banyak sebagai stok bahan makanan. Memang tahu pada dasarnya bisa disimpan begitu saja dalam kulkas. Namun jika penyimpanannya kurang tepat, biasanya tahu justru akan cepat basi atau bahkan berlendir dalam hitungan hari (sekalipun disimpan dalam kulkas).

Nah untuk mencegah hal tersebut, sebagian besar orang biasanya akan menyimpan tahu dalam kotak atau container kecil yang tertutup. Tak hanya diletakkan begitu saja, tahu ini umumnya direndam dalam air. Jika ingin lebih tahan lama, air rendaman tentu perlu diganti secara rutin agar tahu tidak busuk.

Penggantian air rendaman bisa dilakukan 2-3 hari sekali. Meskipun sudah diganti sekalipun, tahu hanya bisa bertahan hingga 1 minggu. Nah, jika ingin masa simpannya lebih lama, kamu bisa menggunakan trik yang dibagikan oleh pengguna TikTok @annepermata.

Melalui video berdurasi 49 detik yang diunggah, dia menunjukkan trik simpan tahu agar tak cepat basi hingga 2 minggu, lho. Dengan trik ini, kamu tidak perlu repot-repot mengganti air rendaman tahu secara berkala.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya