Tak perlu bahan tambahan, ini trik menyimpan beras agar bebas kutu dan tak bau apek

Tak perlu bahan tambahan, ini trik menyimpan beras agar bebas kutu dan tak bau apek
foto: TikTok/@farah__razak

Brilio.net - Beras termasuk bahan pokok yang kerap disimpan dalam jumlah banyak. Bagaimana tidak, beras menjadi salah satu bahan makanan yang paling sering dikonsumsi, bahkan hampir setiap hari. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang bahkan menyimpan beras ini hingga berkarung-karung sebagai stok.

Pada dasarnya, beras termasuk bahan makanan yang awet. Namun tetap saja, jika tidak disimpan dengan benar, kualitas beras bisa menurun. Entah karena bau apek atau bisa juga karena berkutu. Kutu memang sudah menjadi hama yang seringkali menyerang beras.

Untuk mencegah timbulnya kutu ini, ada juga sebagian orang yang kemudian menggunakan trik khusus saat menyimpan beras. Misalnya dengan menambahkan sejumlah bahan dapur ke dalam wadah penyimpanan beras. Bahan dapur yang digunakan biasanya memiliki aroma yang menyengat, seperti daun jeruk, daun salam, cuka, hingga cengkeh. Usut punya usut, aroma kuat dari bahan-bahan tersebut dapat mencegah datangnya kutu beras.

Padahal tahu nggak, sih? Sebenarnya kamu nggak melulu harus menambahkan bahan dapur tersebut untuk mencegah datangnya kutu beras. Ada sejumlah trik penyimpanan yang bisa diterapkan agar beras bisa tetap berkualitas dalam waktu yang lama.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya