Bukan daun jeruk atau pandan, ini cara simpan beras agar bebas kutu dan bau apek pakai 1 bahan dapur

Bukan daun jeruk atau pandan, ini cara simpan beras agar bebas kutu dan bau apek pakai 1 bahan dapur
TikTok/@annepermata

Brilio.net - Beras jadi salah satu bahan makanan pokok masyarakat. Dilansir dari chhs.colostate.edu, beras memiliki karbohidrat tinggi, sehingga bisa jadi sumber energi untuk tubuh. Kamu bisa memilih jenis beras, baik putih, cokelat, merah, atau bahkan hitam untuk dikonsumsi sehari-hari.

Biasanya, orang-orang membeli beras dalam jumlah banyak untuk disimpan sebagai stok. Namun, terkadang masih ada orang yang bingung bagaimana trik menyimpan beras agar tahan lama dan bebas kutu. Pasalnya, jika kutu sudah bersarang di tempat penyimpanan beras, kualitas bahan satu ini bisa menurun, lho.

Kualitas beras yang menurun karena kutu biasanya dapat dilihat dari teksturnya yang mudah rapuh jadi butiran halus. Di sisi lain, warna beras yang sudah dihinggapi kutu juga seringkali kusam, tak putih lagi. Kalau kondisi beras sudah benar-benar rusak, pastinya bahan makanan ini kurang baik untuk diolah jadi nasi dan dikonsumsi.

Nah, supaya beras bebas kutu, ada sejumlah bahan dapur yang dapat dimanfaatkan, lho. Biasanya, daun jeruk ataupun pandan jadi bahan andalan untuk disimpan bersama beras. Kedua bahan tersebut dipercaya ampuh menjaga beras dari kutu, lho. Tetapi, kalau kamu sedang tak punya stok kedua bahan tersebut di rumah, ada satu trik lagi yang mungkin cocok.

Trik ini dibagikan oleh warganet di akun TikTok @annepermata. Menurutnya, ada satu jenis daun lagi yang nggak kalah ampuh menjaga beras dari kutu. Bahkan, trik ini juga disebut-sebut bisa mencegah beras berubah jadi bau apek, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya