Tanpa perlu dikukus dulu, ini cara simpan tempe agar awet dan tak kering hingga 1 minggu

Tanpa perlu dikukus dulu, ini cara simpan tempe agar awet dan tak kering hingga 1 minggu
Instagram/@annepermata

Brilio.net - Tempe merupakan bahan makanan yang berasal dari fermentasi kedelai. Tempe biasa dijual dengan harga terjangkau. Nggak cuma itu, tempe pun dikenal mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Dilansir dari healthline.com, tempe mengandung protein, serat, dan lemak. Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan di dalam tempe akan menjaga kesehatan tulang, mendukung fungsi otak, sampai menurunkan risiko penyakit jantung.

Banyak orang lantas mengolah tempe jadi menu harian. Tempe bisa diolah dengan berbagai cara, seperti digoreng, ditumis, hingga dibakar. Dengan perpaduan bumbu, olahan tempe akan terasa semakin menggugah selera.

Karena padat nutrisi dan bisa diolah jadi berbagai hidangan, sebagian orang sengaja menyetok tempe di rumah. Sayangnya, tempe termasuk bahan makanan yang cepat basi. Meski sudah dimasukkan kulkas, tempe bisa kering dan berubah warna. Hal ini juga dialami oleh warganet dengan nama akun Instagram @annepermata.

“Udah ditaruh di dalam kulkas, tapi kok tetep busuk, ya,” ungkapnya dikutip BrilioFood dari Instagram @annepermata pada Minggu (3/12).

Tanpa perlu dikukus dulu, ini cara simpan tempe agar awet dan tak kering hingga 1 minggu

foto: Instagram/@annepermata

Supaya tempe yang disimpan tak cepat basi, sejumlah orang biasanya sengaja mengukusnya terlebih dahulu sebelum disimpan di kulkas. Nggak perlu sampai matang, cukup kukus sebentar saja lalu masukkan tempe ke wadah kedap udara. Setelah itu, wadah bisa ditaruh kulkas. Meski tahan lama, cara ini terbilang ribet, kan?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya