Bukan dijemur atau dimasukkan freezer, begini cara simpan daun jeruk agar tak kering hingga 3 minggu

Bukan dijemur atau dimasukkan freezer, begini cara simpan daun jeruk agar tak kering hingga 3 minggu
foto: YouTube/Dapur Leony

Brilio.net - Buat kamu yang gemar memasak, tentu sudah tidak asing lagi dengan penggunaan daun jeruk. Rempah daun satu ini memiliki aroma harum yang bisa membuat masakan jadi semakin sedap. Biasanya daun jeruk dipakai sebagai bumbu dasar masak. Namun ada juga yang memanfaatkannya sebagai penyedap makanan atau camilan, seperti basreng atau kerupuk.

Karena sering digunakan, sejumlah orang biasanya akan membelinya langsung dalam jumlah banyak. Dengan begitu, proses memasak juga jadi lebih singkat dan praktis. Namun yang menjadi tantangan adalah justru pada penyimpanan daun jeruknya. Pasalnya, rempah daun satu ini bisa cepat kering, hitam, bahkan tak wangi lagi jika tidak disimpan dengan baik.

Demi menjaga kesegaran aroma pada daun jeruk, banyak orang memilih mengeringkannya dengan cara dijemur bawah sinar matahari. Daun jeruk yang dikeringkan seperti ini dinilai bisa lebih awet jika disimpan. Namun selain dijemur, ada juga yang memilih menyimpannya dalam freezer. Dengan begitu, daun jeruk jadi beku dan lebih awet.

Tapi selain dengan dua cara tersebut, sebenarnya ada cara lain yang nggak kalah ampuh dalam mengawetkan daun jeruk, lho. Seorang pengguna YouTube Dapur Leony pernah membagikan metode praktis dalam menyimpan daun jeruk. Meskipun tidak dikeringkan atau dimasukkan freezer, daun jeruk miliknya bisa awet dalam waktu yang lama.

"Biasanya tetap segar sampai 3 minggu lebih," kata pengguna YouTube Dapur Leony.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya