Bukan di kulkas, begini cara menyimpan daun pisang agar tak kering dan menguning hingga 3 minggu

Bukan di kulkas, begini cara menyimpan daun pisang agar tak kering dan menguning hingga 3 minggu
TikTok/@marhanisal90

Brilio.net - Dalam berbagai macam masakan terutama yang khas Nusantara, daun pisang kerap digunakan sebagai pembungkus. Selain lebih ramah lingkungan, daun pisang juga bisa membuat makanan jadi lebih sedap. Apalagi saat makanan tersebut dimasak dengan bungkus daun pisang. Aroma sedap daun pisang akan melekat pada makanan tersebut dan membuatnya jadi kian lezat.

Karena sering dipakai untuk berbagai masakan, daun pisang ini lantas kerap dijadikan stok. Sebagian orang biasanya akan membelinya dalam jumlah banyak untuk kemudian disimpan. Dengan begitu, daun pisang ini bisa digunakan sewaktu-waktu saat dibutuhkan.

Sayangnya, menyimpan daun pisangini kerap jadi PR tersendiri bagi banyak orang. Bagaimana tidak, daun pisang mudah sekali layu atau bahkan kering dalam waktu singkat. Jika tidak disimpan dengan baik, daunnya bisa menguning dan jadi nggak layak dipakai lagi.

Untuk mencegah hal tersebut, sebagian orang biasanya akan menyimpan daun pisang ini dalam kulkas. Bahkan ada juga yang memilih meletakkannya dalam freezer. Dengan begitu, daun pisang akan membeku dan nggak mudah layu.

Walau ampuh memperpanjang masa simpannya, namun meletakkan daun pisang dalam freezer memiliki efek tersendiri, lho. Sekali dicairkan atau dikeluarkan dari freezer, daun pisang ini bisa dengan mudah lembek. Oleh sebab itu, harus segera dipakai jika sudah dikeluarkan dari freezer.

Padahal tahu nggak sih, ada teknik lain yang lebih ampuh dan praktis dalam menyimpan daun pisang ini. Seorang pengguna TikTok @marhanisal90 pernah membagikannya melalui salah satu video yang diunggah. Siapa sangka, daun pisang ini cukup disimpan di suhu ruang saja. Walaupun begitu, daun pisang tetap bisa awet dan segar hingga 3 minggu lamanya, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya