Cuma butuh 5 menit, ini trik merebus lontong daun pisang agar pulen dan hemat gas

Cuma butuh 5 menit, ini trik merebus lontong daun pisang agar pulen dan hemat gas
foto: YouTube/Ayesha Salsabila

Brilio.net - Lontong seringkali dijadikan sebagai makanan pengganti nasi yang nggak kalah mengenyangkan. Pada dasarnya, dua makanan ini memang dibuat dari bahan yang sama, yakni beras. Namun lontong dimasak dengan kandungan air yang lebih banyak agar teksturnya bisa lebih padat dan pulen.

Untuk menghasilkan tekstur yang padat, lontong memang harus dimasak dalam waktu yang lama. Jadi setelah dicetak, beras harus direbus selama 1-2 jam. Sayangnya, hal inilah yang membuat sebagian orang berpikir dua kali saat hendak membuat lontong sendiri di rumah. Proses perebusan yang lama juga bikin boros penggunaan gas elpiji.

Padahal sebenarnya, durasi tersebut bisa dipersingkat jika menggunakan metode khusus, lho. Ada beberapa teknik khusus yang bisa dilakukan untuk merebus lontong yang pulen, padat, dan tetap hemat gas.

Seorang pengguna YouTube Ayesha Salsabila pernah membagikan trik merebus lontong dalam waktu singkat. Melalui salah satu video YouTube Shorts yang diunggah, dia mengaku bisa merebus lontong dalam waktu 5 menit saja. Tapi tak perlu khawatir, hasil lontong inipun tetap padat dan pulen karena direbus dengan sejumlah trik khusus.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya