Trik melenturkan daun pisang untuk bungkus lontong, cepat walau tanpa dibakar atau dijemur

Trik melenturkan daun pisang untuk bungkus lontong, cepat walau tanpa dibakar atau dijemur
YouTube/Ayesha Salsabila ; YouTube/IKE SURYANI Channel

Brilio.net - Daun pisang seringkali dipakai untuk membungkus berbagai macam makanan, khususnya menu tradisional. Makanan yang dibungkus daun pisang biasanya akan mengeluarkan aroma sedap yang khas. Salah satu makanan yang dibungkus daun pisang adalah lontong.

Lontong terbuat dari beras, biasanya akan dibungkus lalu dicetak dengan kemasan daun pisang. Bakal lontong yang sudah dicetak lantas direbus di air hingga matang.

Pada pembuatan lontong, daun pisang ini sebenarnya tidak hanya berfungsi sebagai pembungkus, lho. Daun pisang juga akan memberikan warna hijau alami pada permukaan lontong setelah matang. Selain itu, daun pisang pun membuat aroma lontong semakin sedap.

Supaya daun pisang yang akan dipakai untuk membungkus lontong tidak mudah menghitam dan kering, kamu perlu melenturkannya. Dengan begitu pula, daun pisang tak lagi robek saat dipakai membungkus lontong.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk melenturkan daun pisang. Misalnya dengan menjemurnya di bawah sinar matahari hingga berjam-jam. Selain itu, ada juga yang memilih membakar daun pisang satu per satu.

Namun begitu, masih ada cara lain untuk melenturkan daun pisang ini, lho. Seorang pengguna TikTok @warungndesoindah pernah membagikan triknya, nih. Lebih sederhana karena nggak perlu dijemur lama atau dibakar satu per satu, tapi bisa melenturkan banyak daun pisang sekaligus.

"Tips biar nggak banyak waktu buat bunda-bunda yang suka bikin lontong dari daun pisang biar nggak makan waktu banyak. Nggak usah dijemur, nggak usah disetrika, nggak usah dipanasin satu per satu," ujar TikTok @warungndesoindah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya