Tanpa direndam air, ini trik menyimpan singkong kupas agar tetap segar dan tak hitam hingga 2 minggu

Tanpa direndam air, ini trik menyimpan singkong kupas agar tetap segar dan tak hitam hingga 2 minggu
YouTube/NINA Q A

Brilio.net - Singkong merupakan bahan makanan yang berasal dari jenis umbi-umbian. Umbi satu ini memiliki banyak sekali nutrisi. Dilansir dari verywellfit.com, singkong mengandung vitamin C, thiamin, niacin, riboflavin, hingga serat. Jika dikonsumsi, singkong bisa membantu meningkatkan imun tubuh dan mengatasi permasalahan metabolisme.

Banyaknya nutrisi pada singkong membuatnya kerap dipilih sebagai menu makan di rumah. Singkong bahkan bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi karena kandungan patinya yang tinggi. Oleh sebab itu, mengonsumsi singkong bisa bikin tubuh kenyang dan meningkatkan energi.

Karena kerap dikonsumsi, banyak orang kemudian menyimpan singkong ini sebagai stok bahan makanan di rumah. Jika masih dalam kondisi utuh, singkong memang bisa bertahan lama di suhu ruang sekalipun. Namun jika sudah dikupas, perlu penyimpanan khusus supaya kualitas singkongnya tetap terjaga.

Pasalnya, tak jarang orang yang menyimpan singkong kupas dengan cara yang kurang tepat. Hal ini bisa menyebabkan permukaannya berubah warna jadi hitam. Dilansir dari pokpoksom.com, singkong noda hitam pada singkong ini diakibatkan enzim poliphenolase yang bersifat racun. Oleh sebab itu, singkong sudah tidak layak dikonsumsi jika warnanya berubah.

Banyak orang kemudian memutar otak untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya, ada yang memilih menyimpannya di kulkas dengan bantuan air. Jadi, singkong akan direndam air di dalam wadah tertutup. Cara ini bisa membuat singkong tetap putih hingga 1 minggu.

Jika ingin memperpanjang masa simpannya, kamu bisa menerapkan trik yang dilakukan oleh pengguna YouTube NINA Q A. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku singkong kupas yang disimpan ini bisa bertahan 2 minggu lamanya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya