Cukup dimasak sekali, begini trik menggoreng cumi agar tak meletup walau tanpa ditaburi tepung

Cukup dimasak sekali, begini trik menggoreng cumi agar tak meletup walau tanpa ditaburi tepung
foto: TikTok/@astidwify2

Brilio.net - Pada dasarnya, ada banyak cara untuk mengolah cumi. Misalnya ditumis, dibakar, atau bahkan dimasak kuah. Selain itu, ada juga olahan cumi yang paling mudah dibuat, yakni cumi goreng

Biasanya cumi goreng bisa disantap langsung dengan nasi. Namun bisa juga diolah lagi dengan aneka bumbu, seperti balado, asam manis, lada hitam, bumbu kunyit, dan masih banyak lagi. Perpaduan cumi yang empuk dan bumbu rempah khas Nusantara membuat penikmatnya bisa ketagihan, lho.

Sekilas, membuat cumi goreng memang cukup mudah. Tapi siapa sangka, banyak yang mengalami kesulitan saat hendak menggoreng cumi. Hal ini lantaran cumi kerap menimbulkan letupan ketika digoreng dalam minyak panas. Nah, letupan yang cukup besar ini bisa menimbulkan cipratan minyak panas, yang jika terkena kulit, bisa menyebabkan luka.

Oleh sebab itu, banyak orang kemudian memutar otak saat hendak menggoreng cumi. Ada yang kemudian memilih membaluri cumi atau minyak gorengnya dengan tepung. Walau ampuh meredakan letupan, namun penambahan tepung juga dapat menyebabkan minyak goreng jadi keruh, lho.

Sebagai alternatif lain, ada juga yang kemudian memasaknya dua kali supaya cumi tidak meletup. Biasanya proses memasak pertama dilakukan dengan cara menyangrai cumi sampai kering. Barulah kemudian cumi digoreng dalam minyak panas.

Namun sebenarnya ada trik lain yang lebih mudah dipraktikkan, lho. Seorang pengguna TikTok @astidwify2 pernah membagikan trik menggoreng cumi agar tidak bikin minyak meletup. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan tepung atau menyangrainya terlebih dahulu. Lalu, harus bagaimana?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya