Cara mengolah cumi supaya teksturnya empuk walau tanpa baking soda

Cara mengolah cumi supaya teksturnya empuk walau tanpa baking soda
YouTube/Mama ros

Brilio.net - Cumi termasuk salah satu jenis seafood yang paling banyak digemari. Perpaduan cita rasa lezat dan teksturnya yang kenyal memberikan sensasi tersendiri saat menyantapnya. Nggak cuma itu, cumi juga selalu cocok dimasak dengan berbagai macam bumbu dan rempah.

Sayangnya, memasak cumi termasuk pekerjaan yang gampang-gampang susah. Jika dimasak terlalu matang, tekstur cumi justru bisa berubah jadi alot. Sedangkan jika dimasak terlalu sebentar, aroma amisnya tentu masih menyengat. Jika terlalu alot atau amis, tentu cumi jadi kurang nikmat saat disantap.

Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak orang kemudian menerapkan sejumlah trik saat mengolah cumi. Salah satunya adalah dengan menambahkan baking soda. Jadi, cumi yang sudah dicuci akan direndam dengan air baking soda. Bahan dapur satu ini dianggap mampu mengempukkan cumi sekaligus menghilangkan bau amisnya.

Walaupun begitu, penggunaan baking soda ini bukan tanpa risiko, lho. Jika cumi yang direndam baking soda, biasanya rasanya akan berubah jadi pahit. Sifat basa pada baking soda memang bisa menghasilkan rasa pahit yang kurang nyaman di lidah.

Sebagai gantinya, kamu bisa meniru trik mengolah cumi yang dibagikan oleh pengguna YouTube ros. Melalui salah satu YouTube Shorts yang diunggah, dia membeberkan rahasia memasak cumi antialot walau tidak menggunakan baking soda. Selain bikin empuk, cumi yang dimasak dengan cara tersebut juga nggak bau amis atau berubah rasa, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya