Bukan direndam air panas, ini cara cepat mencairkan daging beku dalam 15 menit

Bukan direndam air panas, ini cara cepat mencairkan daging beku dalam 15 menit
foto: YouTube/Women's Health

Brilio.net - Tempat paling awet untuk menyimpan daging adalah freezer. Area kulkas satu ini memiliki suhu yang sangat rendah dan dapat membuat daging jadi beku. Kondisi daging yang beku tentu bisa membuatnya semakin awet hingga berbulan-bulan lamanya.

Pada dasarnya, daging yang beku cenderung awet karena suhu dingin menyebabkan pertumbuhan bakteri terhenti. Bakteri-bakteri pada daging merupakan penyebab utama dari proses pembusukan, yang dapat membuat daging jadi berubah warna, rasa, atau bahkan teksturnya. Jika kondisinya beku, tentu kualitas daging akan tetap terjaga dengan baik.

Sayangnya daging beku ini butuh proses pengolahan yang lama dan cukup rumit. Bukan tanpa alasan, daging beku harus dicairkan terlebih dahulu supaya bisa diolah dengan baik. Jika ingin kualitasnya tetap terjaga, daging beku ini idealnya harus dicairkan secara manual. Bisa dengan memindahkannya ke bagian chiller atau mendiamkan daging beku ini di suhu ruang.

Cara mencairkan daging beku seperti itu memang efektif dan cenderung aman. Namun sayangnya, cara tersebut memakan waktu yang sangat lama. Butuh waktu 3-6 jam supaya daging yang beku bisa benar-benar lunak seperti semula.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya