Bukan direndam air panas, ini cara cepat mencairkan daging beku dalam 15 menit

Bukan direndam air panas, ini cara cepat mencairkan daging beku dalam 15 menit
Jika menggunakan air panas, bagian dalamnya masih tetap beku dan keras |

Untuk mempersingkat durasi tersebut, sejumlah orang biasanya akan memutar otak dengan melalui berbagai macam trik. Salah satunya adalah dengan merendam daging di air panas. Perbedaan suhu antara daging beku yang dingin dan air panas dipercaya mampu mempercepat proses pencairannya.

Padahal tahu nggak sih? Hal ini cenderung tidak disarankan, lho. Dilansir dari eatpallet.com, mencairkan daging beku dengan air panas tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan bakteri tumbuh dengan cepat. Jika menggunakan air panas, bagian luar daging bisa saja mencair, namun bagian dalamnya masih tetap beku dan keras. Kondisi seperti ini justru menciptakan suhu yang ideal bagi bakteri untuk tumbuh.

Sebagai alternatif lain, kamu bisa meniru sebuah cara sederhana yang dibagikan oleh pengguna YouTube Women's Health. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku memiliki cara khusus untuk mencairkan daging secara cepat dalam waktu 15 menit saja. Cara ini sangat cocok dipraktikkan ketika kamu terburu-buru memasak daging.

"Realized that you forgot to defrost meat you gonna cook that evening, well don't fret there is still way to get that meal on the table it involves a quick thawing method that 1 really like (menyadari bahwa kamu lupa mencairkan daging yang akan kamu masak malam itu, jangan khawatir masih ada cara untuk menyajikan makanan itu di atas meja, ini melibatkan metode pencairan cepat yang sangat saya sukai)," ungkap pengguna YouTube Women's Health dikutip BrilioFood pada Selasa (4/7).

Bukan direndam air panas, ini cara cepat mencairkan daging beku dalam 15 menit

foto: YouTube/Women's Health

Siapa sangka, caranya pun cukup mudah. Pertama-tama, siapkan daging beku yang akan diolah. Pastikan daging masih dalam kondisi terbungkus plastik secara rapat supaya lebih aman dan tidak terkontaminasi bakteri.

Setelah itu, masukkan ke dalam mangkuk besar. Lalu siram daging dengan air di wastafel. Pastikan air ini terus mengalir tepat di atas daging yang beku selama kurang lebih 15 menit. Durasi ini bisa disesuaikan dengan seberapa tebal kondisi daging yang beku.

Bukan direndam air panas, ini cara cepat mencairkan daging beku dalam 15 menit

foto: YouTube/Women's Health

Dalam video tersebut, pengguna YouTube Women's Health menjelaskan tentang proses tersebut lebih lanjut. Menurutnya, proses ini dilakukan bukan untuk memenuhi mangkuk dengan air. Namun mengaliri daging dengan air secara terus-menerus akan menghasilkan sirkulasi (perputaran) air di dalam mangkuk.

Jika air terus tumpah dan berganti dengan yang baru, maka suhu di dalam rendaman daging akan tetap stabil (di suhu ruang). Berbeda halnya jika daging hanya direndam saja, maka suhu air akan semakin dingin karena terpengaruh oleh suhu daging yang beku. Ketika suhu air mulai dingin, kamu harus mengganti air rendaman secara berkala dan proses pencairan daging juga akan semakin lama.

Bukan direndam air panas, ini cara cepat mencairkan daging beku dalam 15 menit

foto: YouTube/Women's Health

Nah, setelah 15 menit dialiri dengan air, tekstur daging yang semula beku dan alot akan lunak kembali. Kamu bisa langsung mengolahnya menjadi berbagai macam masakan dengan mudah. Cepat dan mudah ditiru, bukan?

Ditonton lebih dari 140 ribu kali, unggahan tentang cara mencairkan daging beku ini menuai atensi warganet. Bahkan ada pengguna YouTube lain yang turut memberikan tanggapan langsung melalui kolom komentar. Sejumlah warganet ini mengaku berterima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"thanks for the advice, saved me.. (terima kasih atas sarannya, aku terselamatkan)," ungkap YouTube @NYDRAPERYGUY8000.

"Good Idea ........Tx..... (ide bagus, terima kasih)," sahut YouTube @obaidpeace.

"thank you for not giving your whole life story and actually getting straight to the point. 10/10 appreciate you! (terima kasih karena tidak bertele-tele dan langsung ke intingnya. 10/10 aku hargai tipsnya)," papar YouTube @frgvn637.

Bukan direndam air panas, ini cara cepat mencairkan daging beku dalam 15 menit

cara cepat mencairkan daging beku dalam 15 menit
© 2023 brilio.net/Rakha Kharista

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya