Tak perlu direndam, ini trik membersihkan babat hitam agar jadi putih pakai 1 bahan

Tak perlu direndam, ini trik membersihkan babat hitam agar jadi putih pakai 1 bahan
TikTok/@fajarlele

Brilio.net - Babat merupakan jeroan hewan ternak (sapi atau kambing) yang berada di bagian lambung. Jenis jeroan ini punya tekstur kenyal dengan permukaan kasar seperti handuk. Walaupun teksturnya kasar, namun babat punya rasa gurih setelah dimasak.

Bahan makanan satu ini kerap diolah jadi berbagai masakan. Misalnya jadi aneka tumisan, oseng mercon, sop, soto, atau topping nasi goreng. Selain dimasak dengan rempah dan bumbu, babat juga bisa diolah dengan cara digoreng saja, lho. Babat goreng ini jadi salah satu olahan babat yang jadi favorit banyak orang.

Tapi proses mengolah babat tak semudah memasak daging. Bagaimana tidak, babat yang baru dibeli biasanya masih berwarna hitam dan sangat kotor. Tampilan babat yang seperti ini membuat sejumlah orang biasanya enggan mengonsumsi babat.

Oleh sebab itu, membersihkan babat merupakan faktor penting untuk meningkatkan selera makan. Selain memengaruhi tampilannya, membersihkan babat juga bisa membantu menghilangkan bau kurang sedap yang menempel, lho.

Pasalnya, bagian luar babat yang teksturnya seperti handuk ini kerap menyimpan kotoran. Jika dibiarkan begitu saja, kotoran tersebut bisa memengaruhi bau babat setelah diolah nantinya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya