Tanpa bahan apa pun, begini cara mudah membersihkan bagian dalam panci yang gosong

Tanpa bahan apa pun, begini cara mudah membersihkan bagian dalam panci yang gosong
foto: YouTube/Nayy Channel

Brilio.net - Kegiatan memasak seringkali menyebabkan sejumlah insiden tak terduga. Mulai dari dapur kotor, bahan makanan tumpah, wajan berlubang, hingga hasil masakan yang gosong. Di antara insiden tersebut, masakan yang gosong ini sangat sering terjadi dan dialami banyak orang.

Biasanya masakan jadi gosong karena kegiatan memasak dilakukan sambil mengerjakan aktivitas lain. Saat melakukan aktivitas lain, nggak jarang orang yang lupa dengan bahan makanan yang dimasak. Alhasil, masakan jadi gosong. Jika sudah begini, hasil masakan jadi nggak layak dikonsumsi karena bentuk, rasa, dan teksturnya sudah jauh dari ekspektasi.

Sayangnya, insiden tersebut nggak cuma bikin masakan jadi terbuang, tapi ada panci yang ikut dikorbankan. Biasanya panci yang digunakan saat memasak akan ikut gosong dan menghitam. Saking gosongnya, noda tersebut jadi lengket dan berkerak tebal.

Kondisi panci yang seperti ini tentu akan sulit dibersihkan. Sedangkan jika digunakan secara paksa, noda gosong tersebut bisa memengaruhi hasil masakan. Baik bau atau rasa masakan yang dibuat dengan panci tersebut bisa beraroma gosong dan rasanya pun jadi pahit.

Pilihan yang paling aman memang membersihkan noda gosong tersebut hingga tuntas. Namun itu bukan perkara yang mudah. Kamu harus menggunakan bahan-bahan khusus untuk membersihkan bagian dalam panci yang gosong.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya