Tanpa ditaburi tepung terigu, begini trik goreng cumi agar tidak alot dan tak bikin minyak meletup

Tanpa ditaburi tepung terigu, begini trik goreng cumi agar tidak alot dan tak bikin minyak meletup
foto: YouTube/Mulia hamzah

Brilio.net - Bagi penggemar seafood, cumi jadi salah satu menu favorit yang nggak bisa dilewatkan begitu saja. Cumi terkenal punya rasa gurih dan bertekstur kenyal jika dimasak dengan cara yang benar.

Cumi bisa dimasak jadi berbagai menu masakan. Salah satunya dimasak dengan aneka saus seperti saus Padang, saus asam manis, saus lada hitam, dan masih banyak lagi. Sebelum dimasak pakai berbagai jenis saus, cumi biasanya harus digoreng terlebih dahulu.

Bolde Wajan WOK 24 cm Granite Beige Series memiliki model yang kekinian. Wajan ini juga berbahan granit yang dilengkapi Green Technology ramah lingkungan. Memasak dan menggoreng jadi lebih sehat san tentunya anti lengket. Bagi kamu yang ingin membeli wajan ini bisa cek rekomendasi di bawah ini.

Menggoreng cumi pada dasarnya bisa dilakukan dengan teknik simpel. Namun karena memiliki kandungan air yang tinggi, cumi bisa bikin minyak meletup saat proses penggorengan. Nggak cuma itu, karena terlalu lama digoreng, bentuk cumi malah mengerut. Bahkan terkadang tekstur cumi goreng alot saat dimakan.

Sebagai solusinya, sejumlah orang biasanya menaburkan tepung terigu ke minyak goreng. Bahan dapur satu ini dapat menyerap kandungan air di cumi. Alhasil, cumi nggak bikin minyak goreng meletup. Sayangnya, tepung terigu membuat sisa minyak goreng kotor.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya