Tanpa diberi tepung, ini trik jernihkan dan hilangkan bau tengik minyak goreng

Tanpa diberi tepung, ini trik jernihkan dan hilangkan bau tengik minyak goreng
YouTube/CREATIF COMBO

Brilio.net - Minyak goreng pastinya jadi bahan masak yang wajib ada di dapur. Pasalnya, minyak dibutuhkan untuk menumis, memanggang, menggoreng, atau metode masak lainnya. Nah, saat menggoreng, sudah pasti jumlah minyak yang dibutuhkan lebih banyak dibanding metode masak lain. Bahkan, sekali masak, minyak yang dipakai bisa lebih dari 1 liter, tergantung jenis dan banyak masakan yang sedang dibuat.

Makanya banyak orang memilih menggunakan minyak berulang sampai 2 atau 3 kali agar tetap hemat pengeluaran belanja bulanan. Tetapi, ada kalanya minyak yang baru sekali pakai sudah kotor dan menghitam, terutama saat masak menu-menu tertentu seperti ayam goreng lengkuas, baceman, ikan asin, dan lain sebagainya. Tak hanya bikin kotor, sejumlah masakan tersebut juga biasanya meninggalkan bau di minyak, lho.

Namun, daripada langsung dibuang, minyak bisa dijernihkan kembali, lho. Biasanya, orang-orang memilih memasak minyak pakai tepung, karena bahan satu ini dapat menyerap kotoran di dalam minyak. Tetapi, ada satu trik lagi yang nggak kalah efektif, lho. Trik ini dibagikan oleh warganet di akun YouTube CREATIF COMBO.

"Minyak tadinya warna hitam menjadi kuning seperti baru kembali," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube CREATIF COMBO pada Kamis (31/8).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya