Tanpa dipanaskan ulang, ini cara jernihkan minyak yang kotor cuma pakai 2 alat sederhana

Tanpa dipanaskan ulang, ini cara jernihkan minyak yang kotor cuma pakai 2 alat sederhana
foto: YouTube/Wilhelms Kitchen

Brilio.net - Minyak goreng tergolong sebagai salah satu bahan masak paling penting di dapur. Pasalnya, penggunaan minyak sangat membantu untuk mencegah bahan masakan tak lengket di wajan. Di sisi lain, minyak juga dibutuhkan untuk menggoreng berbagai makanan supaya matang sempurna dan teksturnya jadi renyah.

Jenis minyak yang bisa dipakai pun beragam, ada minyak sayur, kelapa, canola, sawit, dan masih banyak lagi. Nah, umumnya, minyak goreng yang dipakai buat masak dapat digunakan berulang sampai 2 ataupun 3 kali. Namun, terkadang walaupun baru sekali pakai, minyak bisa saja sudah kotor.

Ada beberapa masakan yang bisa bikin minyak goreng cepat kotor, misalnya seperti ikan berbumbu, ayam goreng lengkuas, baceman, ikan asin, dan lain sebagainya. Biasanya, makanan-makanan tersebut meninggalkan ampas berupa serbuk yang bisa mengendap di minyak ataupun mengubah warna minyak jadi lebih gelap.

Untuk menjernihkan minyak, terkadang orang-orang memilih memanaskan ulang pakai bahan tertentu. Contohnya, minyak bisa dipanaskan bersama larutan tepung, nasi, berbagai jenis buah, dan lainnya yang bisa menyerap kotoran di dalam minyak. Di sisi lain, salah seorang warganet di akun YouTube Wilhelms Kitchen punya cara lain lho, bahkan tanpa memanaskan minyak sama sekali.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya