Trik cepat melenturkan daun pisang dalam jumlah banyak, lebih praktis dan hemat waktu

Trik cepat melenturkan daun pisang dalam jumlah banyak, lebih praktis dan hemat waktu
foto: YouTube/CHANEL DAFA44

Brilio.net - Banyak makanan Indonesia yang dibungkus menggunakan daun pisang. Mulai dari lontong, jajanan pasar, hingga lauk pauk. Nggak cuma itu, di sejumlah pasar tradisional, banyak orang menggunakan daun pisang untuk membungkus nasi dan aneka makan makanan yang dijual.

Pada dasarnya, daun pisang memang cenderung kokoh. Selain itu, daun pisang bisa membuat makanan jadi lebih wangi dan tahan lama. Nggak heran jika banyak orang masih mengandalkan daun pisang sebagai pembungkus makanan.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua daun pisang punya tekstur yang lentur. Daun pisang muda dengan warna hijau yang lebih cerah cenderung lebih lentur dibandingkan daun pisang tua. Sayangnya, jenis daun pisang ini cukup sulit didapat.

Sebagai alternatifnya, sejumlah orang kemudian mengandalkan daun pisang tua yang lebih banyak dijual di pasaran. Walau cenderung lebih kering dan mudah sobek, namun daun pisang ini punya bentuk yang lebar. Harganya juga lebih murah, sehingga sering diburu banyak orang.

Jika kamu sering menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan, tentu sudah tidak asing dengan cara melenturkannya. Hal ini dilakukan supaya daun pisang nggak mudah sobek. Daun pisang yang tua sekalipun bisa digunakan dengan mudah jika kondisinya lentur, lho.

Cara melenturkan daun pisang inipun bisa dilakukan dengan berbagai metode. Misalnya dengan cara dijemur atau dibakar di atas kompor. Cara tersebut memang efektif, tapi punya kekurangan masing-masing.

Menjemur daun pisang pada dasarnya membutuhkan waktu lama. Saat matahari sedang terik sekalipun, daun pisang akan lentur dalam 1-2 hari. Sedangkan jika dibakar, butuh tenaga ekstra karena kamu harus membakar satu per satu lembaran daun pisang. Prosesnya juga perlu kehati-hatian supaya daun pisang nggak terbakar habis.

Tapi tak perlu khawatir, jika kamu hendak melenturkan daun pisang dalam jumlah banyak, ada trik cepat yang bisa dilakukan. Seorang pengguna YouTube CHANEL DAFA44 pernah membagikan trik tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku cara melenturkan daun pisang yang diterapkan lebih cepat dan hemat tenaga.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya