Tak perlu dioles larutan sitrun, ini cara bersihkan guling jamuran dan apek ditambah 1 bahan dapur

Tak perlu dioles larutan sitrun, ini cara bersihkan guling jamuran dan apek ditambah 1 bahan dapur
foto: YouTube/Nurussiyamah

Brilio.net - Guling bisa dijadikan perabot rumah untuk menemani momen tidur jadi lebih nyenyak. Bahkan, tak sedikit orang-orang yang menggunakan guling hingga bertahun-tahun lamanya. Namun, masih banyak yang belum tahu cara membersihkan guling saat kondisinya sudah lembap dan kotor.

Kalau guling dibiarkan lembap dan kotor, bisa-bisa tumbuh jamur, bau apek, atau bahkan jadi sarang bakteri, lho. Kondisi ini otomatis bisa mengundang banyak penyakit. Dilansir dari getlaidbeds.co.uk, guling ataupun bantal kotor berisiko menyebabkan alergi yang memicu mata gatal, gangguan pernapasan, hidung meler, dan lain-lain.

Biasanya, kalau guling sudah berjamur dan bau apek, alat ini sulit dibersihkan jika hanya dengan detergen dan air saja. Makanya banyak orang memilih mengoleskan larutan sitrun (citric acid). Bahan yang tinggi kadar asam ini dikenal ampuh mengangkat noda, lho. Tetapi, kalau kamu nggak punya stok sitrun di rumah, jangan khawatir dulu karena masih ada bahan lain.

Seperti pada trik di unggahan warganet bernama Nurussiyamah, wanita ini mengaku punya beberapa bahan, salah satunya bahan dapur, yang tak kalah ampuh mengangkat noda jamur dan bau apek pada guling. Nurussiyamah mengatakan, trik ini cocok diaplikasikan pada guling, bantal, atau kain berwarna putih lainnya, lho.

"Guling saya ini berbahan dakron ya temanteman, jadi aman kalau dicuci bahkan direndam dengan air sekalipun. Nah kalau misal isi dalam gulingnya berbahan kapuk, tidak bisa dicuci menggunakan air ya temanteman, karena nanti kapuknya akan menggumpal. Jadi temanteman juga perlu memperhatikan ya, apa bahan dari bantal guling yang mau dibersihkan," imbuhnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Nurussiyamah pada Minggu (21/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya