Tak perlu direbus, chef ini punya cara ampuh mengurangi asin pada cumi asin cuma pakai 1 bumbu dapur

Tak perlu direbus, chef ini punya cara ampuh mengurangi asin pada cumi asin cuma pakai 1 bumbu dapur
foto: Instagram/@aaron_laksana

Brilio.net - Buat kamu pecinta seafood, pasti sudah nggak asing lagi dengan cumi asin. Sesuai dengan namanya, cumi asin adalah cumi-cumi yang diawetkan dengan garam kering agar tahan lama. Karena proses pengawetan inilah, cumi asin terasa lebih asin dibandingkan jenis cumi biasa.

Cumi asin bisa diolah jadi berbagai hidangan lezat dan menggugah selera. Seperti jadi tumisan, dicampurkan ke sambal, ataupun hanya digoreng langsung begitu saja. Karena rasa asinnya sudah mendominasi, kamu nggak perlu lagi menambahkan garam ke dalam masakan cumi asin tersebut. Olahan cumi asin cocok disajikan sebagai lauk pendamping nasi.

Sayangnya, nggak sedikit orang yang tidak mau mengolah cumi asin. Bukan tanpa alasan, rasa asin di cumi justru mendominasi hasil olahannya. Meskipun sudah dicuci berkali-kali, rasa asin di cumi tidak berkurang sama sekali.

Sebagai solusinya, kamu bisa merebus cumi asin terlebih dahulu sebelum memasaknya dengan berbagai bumbu. Proses perebusan dianggap ampuh untuk melarutkan kandungan garam berlebih di cumi asin. Meski rasa asinnya berkurang, kalau proses perebusan terlalu lama, tekstur cumi asin justru jadi alot saat dimakan.

Untuk menyiasati hal tersebut, ternyata ada cara lain yang bisa dipraktikkan untuk mengurangi asin pada cumi asin. Caranya sempat ditunjukkan oleh pengguna Instagram @aaron_laksana. Di unggahan videonya, seorang chef ini tampak hanya mengandalkan satu bumbu dapur untuk mengurangi asin pada cumi asin. Penasaran bagaimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya