Tak perlu direndam dalam air, begini trik mudah membedakan cobek batu asli dan palsu

Tak perlu direndam dalam air, begini trik mudah membedakan cobek batu asli dan palsu
foto: YouTube/P1GCDP

Brilio.net - Cobek memang terkenal sebagai alat dapur tradisional. Meski zaman sekarang sudah banyak alat canggih untuk menghaluskan bahan makanan dijual di pasaran, misalnya blender atau chopper, tapi cobek masih terus diminati oleh orang-orang yang hobi masak, lho. Pasalnya, cobek punya sejumlah keunggulan yang tak dimiliki oleh blender maupun chopper.

Salah satu keunggulannya, sudah pasti cobek bisa membantu menghemat listrik dibanding menghaluskan bahan makanan pakai blender ataupun chopper. Di sisi lain, saat menghaluskan bahan makanan pakai cobek, teksturnya bisa diatur ingin sehalus apa. Satu lagi nih, buat ibu-ibu yang ingin menurunkan berat badan, mengulek pakai cobek bisa membantu bergerak bak sedang olahraga, lho.

Wah, keunggulan menghaluskan bahan makanan pakai cobek ternyata banyak juga, ya? Nah, buat yang belum familiar dengan cobek dan tertarik pakai alat ini, kamu bisa memilih bahan cobek yang ingin dibeli terlebih dahulu nih, baik kayu, keramik, ataupun yang paling disukai yakni batu. Namun, saat memilih cobek batu, penting untuk mengetahui caranya biar nggak salah pilih, lho.

Pasalnya, ada cobek yang terbuat dari semen ataupun aspal, tapi penampilannya sangat mirip dengan cobek batu. Dibanding semen dan aspal, cobek batu dikenal jauh lebih kokoh dan aman untuk dipakai menghaluskan bahan makanan. Biar nggak salah, kamu bisa mempraktikkan sejumlah cara membedakan cobek batu asli dan palsu.

Banyak orang mencari tahu keaslian cobek batu dengan merendamnya di dalam air dalam jangka waktu tertentu. Namun, berbeda dengan warganet di akun YouTube P1GCDP, ia punya cara yang menurutnya jauh lebih mudah tanpa merendam cobek sama sekali. Lantas, gimana sih caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya