Tak perlu direndam, ini cara bersihkan kerak gosong di corong burner kompor cuma tambah 2 bahan dapur

Tak perlu direndam, ini cara bersihkan kerak gosong di corong burner kompor cuma tambah 2 bahan dapur
Instagram/@indah3yani

Brilio.net - Setelah digunakan untuk masak beberapa kali, sudah pasti kompor akan kotor karena cipratan minyak atau tetesan dari bahan masakan. Belum lagi, ada area bagian dalam kompor, seperti corong burner yang berisiko berubah jadi kehitaman lantaran sering terpapar api. Seperti kebanyakan noda gosong lain, noda di corong burner ini pun sangat sulit dibersihkan.

Banyak orang memilih membiarkan corong burner tetap kotor sebab dianggap tak terlalu mengganggu. Di sisi lain, ada pula yang tak menyadari terdapat noda karena posisi corong burner kompor tertutupi oleh burner dan tungku.

Padahal, kalau corong burner kotor, bisa-bisa jadi sarang bakteri dan kuman, lho. Makanya, penting untuk membersihkan corong burner kompor secara rutin.

Biasanya, corong burner kompor dapat dibersihkan dengan trik direndam pakai racikan bahan pembersih. Kamu bisa menggunakan sitrun, baking soda, atau bahan khusus untuk membersihkan kompor. Tetapi, trik tersebut kerap dianggap cenderung ribet. Apalagi waktu yang dibutuhkan untuk merendamnya cukup lama, bisa 30 menit sampai 1 jam atau bahkan lebih.

Nah, kamu tak perlu khawatir, karena masih ada satu trik lagi dari warganet pengguna akun Instagram @indah3yani, nih. Warganet yang akrab disapa Indah menjelaskan, trik ini gampang dipraktikkan karena hanya butuh tambahan dua bahan dapur.

"Bersih bersih lagi bersih bersih terus Jangan ditahan-tahan ya kompor kalau dah lama susah banget di bersihin," tulisnya dalam unggahan Instagram @indah3yani, dikutip BrilioFood pada Rabu (6/3).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya