Tak perlu direndam cuka dan sitrun, ini trik bersihkan corong burner kompor yang hitam dan berminyak

Tak perlu direndam cuka dan sitrun, ini trik bersihkan corong burner kompor yang hitam dan berminyak
foto: Instagram/@nniirrmmaallaa

Brilio.net - Memasak hidangan untuk keluarga merupakan suatu kegiatan rutin yang dilakukan banyak orang. Dalam hal ini, penggunaan kompor termasuk pada perangkat wajib dalam membuat sajian tersebut. Namun, seiring pemakaian, kompor bisa jadi barang yang kotor dan penuh minyak.

Bagian yang kotor biasanya bukan hanya di permukaan dan tungku saja, namun corong burner juga berpotensi kotor. Komponen ini berada di bagian bawah burner kompor. Selain untuk tatakan burner, corong ini berfungsi sebagai pipa yang menyalurkan gas agar bisa menjadi api.

Kondisinya yang berada jauh dari jangkauan tangan membuat corong burner kompor termasuk bagian yang jarang sekali dibersihkan. Padahal berbagai macam noda dari cipratan masakan, minyak, atau debu bisa menempel di corong burner ini. Lantas, paparan gas dan api yang terus menerus membuat noda-noda tersebut menghitam sekaligus berkerak.

Corong burner kompor yang hitam dan berminyak memang harus dibersihkan agar aliran gas tetap lancar. Namun perlu trik khusus untuk membersihkan corong burner kompor ini. Karena noda hitam dan minyaknya sulit dibersihkan, sejumlah orang biasanya akan merendam corong burner ke dalam air yang sudah dicampur cuka dan sitrun.

Nah, selain bahan-bahan tersebut, ada bahan lain yang nggak kalah ampuh dalam membersihkan corong burner kompor yang hitam dan berminyak. Bahan ini pernah digunakan oleh pengguna Instagram @nniirrmmaallaa. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan sederhana yang ada di rumah.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya